Senin, 04 November 2019

Sosok Pejuang Pendidikan Berjiwa Koperasi Kredit Telah Pergi: Mengenang Rinu Romanus, S. Ag

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Kepala Bidang Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri
Alumnus Pascasarjana Universitas Negeri Malang


Rinu Romanus, S.Ag (Alm)
Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang dan manusia meninggal meninggalkan nama”. Itulah perasaan dan suasana duka yang dialami gerakan koperasi kredit primer terutama 64 ribu lebih anggota dan fungsionaris  Koperasi Kredit Sangosay serta fungsionaris Puskopdit Flores Mandiri tanggal 07 Agustus 2019 lalu ketika salah seorang sosok pejuang pendidikan yang berjiwa koperasi kredit, Bapak Rinus Romanus, S.Ag pergi meninggalkan sahabat-sahabat seperjuangannya untuk selamanya tanpa satu pesan sedikit pun. Jangankan gerakan koperasi kredit dan pusat koperasi kredit, keluarga pun demikian. Atas dasar itu, sebagai manusia biasa tentu gerakan ini sungguh merasa sangat kehilangan tokoh murah senyum, berpikir ke depan dan selalu membangun persahabatan yang mendalam serta mengabdi tanpa pamrih. Namun dalam iman, para pejuang pemberdayaan masyarakat akar rumput yakin bahwa beliau sudah mendapatkan tempat istimewa yang bahagia bersama Bapa di Surga.


Biasanya dalam kepergian orang yang telah berbuat bagi banyak orang tentu mendatangkan berbagai komentar. Komentar mereka sebagai berikut:

Lodofikus Lenga, General Manager Kopdit Sangosay dengan 19 cabang tersebar di Kabupaten Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Pulau Sumba, Kupang dan Malaka. “Sesungguhnya saya tak bisa berkata-kata lagi tentang figur yang satu ini. Namun dalam kedukaan yang masih saya rasakan, saya punya kesan bahwa Rinu Romanus, S.Ag adalah figur sederhana, sangat berempati dan merupakan salah satu tokoh muda yang visioner, enerjik, humanis dan berintegritas. Beliau seorang pejuang sejati di dunia pendidikan formal yang berjiwa koperasi kredit (mempraktikkan secara nyata nilai dan pilar koperasi kredit kehidupan keluarga dan masyarakat). Koperasi Kredit Sangosay sungguh berduka dan merasa sangat kehilangan tokoh inspiratif tersebut. Selamat Jalan Bapak Rinu Romanus” .


Pastor Petrus Bate, SVD salah seorang yang juga sebagai pastor pendamping Puskopdit Flores Mandiri bersama Pastor Elias Doni Seda, SVD (tidak sempat hadir) dalam perayaan ekaristi mengenang kepergian beliau di Hotel Flores Mandiri tanggal 30 Agustus 2019 berujar,
 “Rinu Romanus tak henti bekerja untuk mengembangkan lembaga pendidikan SMUK Regina Pacis agar memiliki reputasi yang positif baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Bidang akademik, para peserta anak didik meraih prestasi tidak kalah degan sekolah unggulan lain Flores bahkan NTT dan bidang non-akademik menghasilkan anak didik meraih prestasi dalam bidang bola voli dan baskat meraih juara 1 dalam setiap momen pertandingan hingga tingkat provinsi serta bidang music telah menghantar Aldo Longa menjadi juara The Voice Indonesia tahun 2018. Beliau bahkan pergi meninggalkan kita semua sedang dalam karya untuk kepentingan sekolah di Surabaya. Beliau juga sangat aktif memberdayakan ekonomi masyarakat melalui credit union yang sekarang lebih dikenal dengan koperasi kredit. Beliau saat ini masih menjabat sebagai ketua pengurus Koperasi Kredit Sangosay, Bajawa sebagai koperasi kredit terbesar dibawah payung Puskopdit Flores Mandiri serta sedang menjabat sebagai sekretaris 2 Puskopdit Flores Mandiri. Beliau pergi meninggalkan kita dalam karya. Semoga ini menjadi sedikit teladan bagi kita yang hadir di sini”,

Ungkapan kebanggaan dalam balutan kesedihan datang dari putra sulungnya, Vinsentius Gratian Sawu melalui tulisannya ke Kosmas Lawa Bagho melalui Philipus Lusi menulis,”Bagi saya anak sulungnya, Bapak Romanus itu adalah seorang ayah yang telah berhasil menjadi seorang ayah. Dia telah menjadi ayah yang baik bagi kami anak-anaknya. Dia selalu ada dalam situasi apa pun yang terjadi pada kami anak-anaknya. Dia sering berkata kami berempat adalah kebanggaannya. Dengan cara apapun, dia ingin kami berhasil, terlebih untuk saat ini, dia ingin kami berhasil dalam proses pendidikan. Oleh karena pendidikan adalah salah satu pilar kesuksesan. Yang saya ingat ketika saya wisuda, dia mengatakan bahwa keberhasilan atau kesuksesan orang tua itu terletak pada momentum anak-anaknya telah berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi. Ketika saya bekerja di Yasukda (Yayasan Persekolahan Katolik Ngada, red), dia berpesan agar saya bekerja untuk melayani banyak orang dengan hati, tanpa mengejar kakayaan duniawi secara berlebihan dengan teladan dan motto yang selalu beliau ulang-ulang “Berani Bermimpi Besar, Disitu Akan Timbul Kekuatan Untuk Bisa Meraihnya Tetapi Harus Tetap Rendah Hati”.

Rasa kehilangan juga diungkapkan oleh Martinus Madha, Ketua Puskopdit Flores Mandiri yang menyatakan bahwa Puskopdit Flores Mandiri kehilangan salah seorang pengurus yang memiliki mimpi besar terhadap kemajuan, perkembangan dan keberlanjutan gerakan koperasi di NTT pada umumnya dan Puskopdit Flores Mandiri pada khususnya. Beliau sapaan khas ROMANUS Pengurus Puskopdit Flores Mandiri periode 2017 – 2019 yang juga adalah Ketua Kopdit Primer Sangosay sebagai Kopdit terbesar di wilayah tiga kabupaten yakni Ende, Ngada dan Nagekeo yang bernaung dibawah payung Puskopdit Flores Mandiri kini telah tiada. “Jasadnya memang telah tiada,namun pikiran, ide, gagasan serta semangat berkoperasi kredit sudah menjangkau seantero NTT”.

Pernyataan Martinus Madha didukung komentar singkat dan padat bermakna Mikhael H. Jawa, Manajer Puskopdit Flores Mandiri. Mikhael menulis,”Saya mengenal Bapak Rinus Romanus sebagai seorang sosok pemimpin yang rendah hati dan pembelajar sejati. Beliau senang belajar dan terus belajar pada yang memiliki komitmen pada kata dan tindakan. Internalisasi pembelajaran ini tervisualisasi berbagai ide dan gagasan brilian yang diterapkan pada organisasi atau lembaga yang dipimpinnya; berpikir global dan bertindak lokal. Ia sangat menekankan kualitas diri yang berelaborasi dalam kualitas kerja tim sehingga menghasilkan keunggulan komparatif dan kompetitif yang nampak pada lembaga pendidikan SMUK Regina Pacis dan Kopdit Sangosay serta Puskopdit Flores Mandiri yang beliau pimpin”.

Testimoni terakhir datang dari Philipus Lusi, Wakil Ketua Kopdit Sangosay kini didaulat menggantikan Rinu Romanus sebagai Ketua Pengurus Kopdit Sangosay periode 2017 – 2019 berujar, “Sebagai teman, guru dan sahabat, kami bersama dan bergabung di SMAK Regina Pacis Bajawa dan di Kopdit Sangosay 26 tahun yang lalu sejak tahun 1993. Dalam kebersamaan dan keseharian kami, Beliau (Pak Romanus) adalah  pribadi yang sangat rendah hati dan penuh perhatian. Dalam tugas panggilan di berbagai medan bhakti, sebagai guru, anggota Dewan Pastoral Paroki, Pengurus dan Ketua Koperasi Kredit Sangosay, beliau adalah sosok seorang pemimpin yang visioner dan sangat inspiratif. Dalam manajemen kepemimpinannya, beliau memiliki mimpi besar untuk membuat lembaga SMUK Regina Pacis dan Koperasi Kredit Sangosay agar dicintai oleh masyarakat dengan semboyan yang selalu beliau beri teladan “”Lakukan apa yang dikatakan dan katakan apa yang dilakukan secara jujur dan bertanggungjawab””.  

Philipus dalam lanjutan testimoni menulis penuh haru, “Pa Romanus, engkau sebagai guru, teman dan sahabat, dalam situasi susah ataupun senang, sedih ataupun gembira tentu ungkapan khasmu “dukamu dukaku juga, dukaku dukamu juga. Tentu moto ini syarat pesan sosial tentang arti pentingnya berbagi, berbagi rasa, berbagi prinsip, berbagi harta sekalipun dan dengan berbagi kita tidak akan pernah miskin. Selamat jalan teman, guru dan sahabatku, selamat jalan sang pemimpin visioner, sang inspirator dan sang motivator. Doa kami menyertaimu”.

Rinu Romanus lahir di Bopoma, Ngada 08 Agustus 1961 sehari sebelum ulang tahun ke-58, beliau meninggal dunia tanggal 07 Agustus 2019 di Rumah Sakit dr. Soetomo Surabaya. Beliau meninggalkan seorang isteri (Sawu Romana Fransiska) serta 4 orang putra/i yakni Vicentius Gratian Sawu, S1 Akuntansi; Dominika Bernadian Uge Riwu, dokter manusia; Maria Y.T. Bupu Rinu, S1 Fisika dan Jeane Teresa Meo Rinu, SMU Kelas XI IPA. Beliau mulai sekolah dasar tamat tahun 1975; SMP tamat 1979; SMU tamat 1982, D3 Pendidikan Agama tamat tahun 1988 dan S1 Pendidikan Agama tamat tahun 2015.

Menarik bagi Rinu Romanus seorang sukses dalam bidang pekerjaan saat ini diawali pekerjaan dari bawah sebagai kondektur Truk “Soga Belu”tahun 1982 – 1983, menjadi penjahit tahun 1983 – 1985, menjadi guru Agama pada SMU Regina Pacis tahun 1988 – hingga meninggal dan menjadi kepala sekolah SMUK Regina Pacis sejak tahun 2001 hingga dipanggil Tuhan tanggal 07 Agustus 2019.

Beliau juga berkontribusi pada gerakan koperasi kredit. Tanggal 12 Oktober 1988 menjadi anggota biasa, tahun 1993-1995 menjadi anggota panitia pendidikan; tahun 1996-2004 menjadi anggota dewan pimpinan pengurus; tahun 2005-2007 menjadi wakil ketua ; tahun 2008-2016 menjadi wakil ketua 1 dan tahun 2017 menjadi ketua pengurus Kopdit Sangosay hingga meninggal. Beliau juga memegang sejumlah jabatan di Puskopdit Flores Mandiri untuk periode 2017-2019 beliau menjabat sebagai sekretaris 2 pengurus.

Bidang sosial menggereja, beliau menjabat sebagai pengurus Mudika atau sekarang OMK (Orang Muda Katolik) dan terakhir sebagai anggota dewan pastoral paroki. Bidang sosial-politik, Rinu Romanus pernah menjabat sebagai anggota pengurus Partai Golkar tahun 1999-2004; tahun 2004-2007 menjadi wakil ketua Partai Golkar dan 2008-2014 menjabat sebagai sekretaris Partai Republik. ***

8 komentar:

  1. Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya selesai dengan saya, nama saya Susan Garcia, dari Filipina, Mrs. Karina ROLAND datang untuk menyelamatkan saya hidup saya. Saya sangat berhutang budi kepada orang-orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai hasil dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa tenggang diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dilepaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman yang sah secara online sehingga saya harus mencari melalui blog yang saya selingkuh sebelumnya tetapi ketika saya menemukan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada itu benar-benar sebuah mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan sehingga ia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya melamar dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi saat saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa bersihkan semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak perlu bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita yang mandiri. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa di dunia yang sulit ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di perusahaan Anda. Hidup dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Mrs.KARINA ROLAND di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi krisis keuangan dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Mrs. KARINA ROLAND dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

    BalasHapus
  2. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  4. Saya membawa kabar baik kepada anda semua rakyat Malaysia saya di platform ini, ALLAH telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah selamat sejak Disember 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya seperti ini, Nama saya Norsilawati Zakaria, saya tinggal di Selangor, saya pemasar dan juga penasihat perniagaan di syarikat yang saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk memaklumkan semua ini. Platform ini adalah untuk mereka yang memerlukan dan mencari pinjaman yang ikhlas untuk berhati-hati kerana internet dan blog penuh dengan syarikat pinjaman palsu dan penipuan yang hanya di sini untuk merobek anda dari wang susah payah anda.

    Suami saya dan saya berada dalam hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman dalam talian untuk membayar hutang kami dan kami menghubungi syarikat pinjaman dari Singapura yang pada Mac 2019, dan kami ditipu oleh pemilik syarikat dengan meminta kami membayar banyak yuran yang kami bayar dan akhirnya kami tidak mendapat pinjaman, kami kehilangan kira-kira RM8,400 kepada sebuah syarikat pinjaman palsu di Singapura kerana kami memohon pinjaman sebanyak RM 200,000 dan dengan semua yuran yang kami bayar, kami tidak mendapat pinjaman dan suami saya dan saya sangat kecewa dan saya dipecat dari pekerjaan saya di syarikat tempat saya bekerja kerana saya juga mengambil pinjaman dari syarikat yang saya bekerja dan kita bangkrut dan bosan dengan kehidupan.

    Kami berdoa kepada ALLAH untuk bantuan ilahi dan ALLAH mengarahkan kita kepada seorang hamba dan pada hari yang setia ini 11 Disember 2019, saya sedang melayari internet apabila saya dapat mencari keterangan seorang wanita dengan nama Kim Wani dari Kuala Lumpur, bagaimana ALLAH mengubah kehidupan kewangannya melalui syarikat pinjaman, saya menghubungi beliau dan dia meminta saya menghubungi Puan Sarah dan dia memperkenalkan saya kepada Puan Sarah Michael dan dia memberi saya keberanian dan saya memohon pinjaman daripada Puan Sarah dan dia akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di syarikat dan saya mendapat jumlah yang tepat saya memohon dan saya sangat gembira.

    Saya juga ingin menggunakan peluang ini untuk menasihat rakan-rakan rakan sekerja saya bahawa jika anda memerlukan pinjaman tulen asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat pada kadar faedah 2%, sila mendaftar melalui Puan Sarah Michael melalui e-mel: (sarahmichael831@gmail.com) atau melalui Whatsapp: + 1-315-284-1764. Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini, (norsilawatiz526@gmail.com). untuk maklumat lanjut

    BalasHapus
  5. Halo semuanya
    Saya ingin menggunakan media ini untuk membuat Anda semua tahu bahwa mendapatkan pinjaman tidak sesulit dan sesulit yang Anda kira

    Saya Rina Mariana penduduk asli bandung. Indonesia
    Saya mendapat pinjaman dari  ONE BILLION RISING FUND dan proses aplikasi saya mudah, lancar dan mudah dimengerti dan saya telah diberkati sejak saya baru menjadi firma pinjaman dan hidup saya tidak lagi menjadi bahan tertawaan bagi orang-orang, tetapi mereka datang kepada saya sekarang untuk meminta nasihat dan bagaimana membantu mereka secara finansial dan sejauh ini saya telah memperkenalkan cukup banyak orang kepada perusahaan pinjaman dan mereka juga mendapatkan pinjaman dari   ONE BILLION RISING FUND

    Saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda ingin mendapatkan bantuan karena kami telah mendapatkan bantuan dari  ONE BILLION RISING FUND   kemudian hubungi perusahaan pinjaman melalui gmail di bawah ini dan dapatkan transformasi dalam hidup Anda secara finansial seperti yang kami lakukan
    Mereka yakin, aman, andal, dan terbuka untuk pelanggan
    Mengapa saya menyukai mereka adalah Anda sangat bebas untuk bertanya tentang pinjaman Anda dan layanan mereka 24/7

                                              KONTAK PERUSAHAAN

     Nama Perusahaan ::::::ONE BILLION RISING FUND
    Gmail: onebillionrisingfund@gmail.com

                                 Hubungi saya
    Rina Marian
    rinamariana874@gmail.com

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke rekening saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online itu palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    BalasHapus
  8. Nama saya Bu Yanti Ari. Saya adalah pemilik bisnis yang menjual kosmetik. Untuk beberapa waktu, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang andal yang dapat saya pinjam untuk mengembangkan bisnis saya dan juga menciptakan pekerjaan untuk orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 28 juta karena saya mengajukan pinjaman sebesar 600 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    Jadi, suatu hari yang setia saya membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar dari "Dian Pelangi", perancang busana terkenal dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Dian Pelangi, perancang busana terkenal dan saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya kehilangan 28 juta karena pemberi pinjaman buruk kepadanya. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. dia mengirimi saya nomor teleponnya dan saya meneleponnya untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia berbicara dengan saya dan berkata saya harus menghubungi detail perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk berbagi kabar baik saya agar orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Maka saya menghubungi Ibu Ana Michael melalui email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)
    Ini email Dian Pelangi: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan semua yang diperlukan dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk stres.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya untuk siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Nama: Yanti Ari
    Nomor telepon saya: +6282116440184
    Nomor Whatsapp: +6282116440184
    Kota: Medan
    Email saya: ARIY6261@GMAIL.COM

    Saya berdoa semoga Allah mengabulkan orang-orang yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya ini sehingga mereka dapat diselamatkan saat saya diselamatkan. Saya selalu siap membantu siapa saja yang membutuhkan jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak ingin orang-orang saya jatuh ke tangan pencuri !!!

    BalasHapus