Selasa, 13 Februari 2018

Sambutan Ketua Kopdit Serviam untuk Buku Edisi ke-2


SAMBUTAN KETUA
KOPERASI KREDIT SERVIAM ENDE

Berawal dari impian, akhirnya menjadi kenyataan. Tahun 2010, Koperasi Kredit Serviam Ende untuk pertama kali dan menjadi koperasi kredit perdana di Flores yang menulis buku. Buku pertama itu berjudul “Kopdit Serviam & Kemiskinan di Flores”.


Buku tersebut dalam bentuk bunga rampai. Bukan penulis tunggal melainkan “borongan” dengan variasi pembahasan dan tetap merujuk pada satu tema utama “Sepak Terjang Koperasi Kredit Serviam dalam Mengatasi Kemiskinan di Flores” dalam rangka peringatan langkah tegak pelayanan Koperasi Kredit Serviam di Kabupaten Ende selama 15 tahun.

Terobosan ini mendapatkan tanggapan positif. Entah kebetulan atau tidak, buku tersebut secara tidak langsung telah menginspirasi Pusat Koperasi Kredit (PUSKOPDIT) Flores Mandiri menulis buku pada tahun 2011 dengan judul “Koperasi Kredit: Membangun Peradaban Bermartabat” dalam rangka Kenangan 40 Tahun Gerakan Koperasi Kredit di Flores. Buku ini juga dalam bentuk bunga rampai.

Penulis kata pengantar pada penerbitan buku perdana berjudul “Kopdit Serviam & Kemiskinan di Flores” menulis,”Buku Bunga Rampai ini bukan buku yang super hebat. Namun kami yakin buku ini bisa membantu membuka wacana bagi kita semua. Buku ini lebih banyak bercerita tentang pengalaman, sejarah pembentukan, opini tentang strategi mengatasi kemiskinan, tips-tips untuk berwirausaha dan hal-hal menarik yang bisa memberikan rangsangan dan suntikan ke otak sehingga berpikir positif dan bergerak lebih maju selangkah demi selangkah. Buku bunga rampai ini merupakan buku pertama kami namun bukan yang terakhir”.

Statemen terakhir inilah yang memicu serentak menjadi impian besar (the big dream) segenap fungsionaris dan anggota Koperasi Kredit Serviam agar bisa menerbitkan buku edisi kedua dengan kualitas desain terutama isi yang lebih memadai dan inspiratif.

Impian besar itu tidak tunggu waktu lama untuk direalisasikan. Rentang waktu 7 tahun berikutnya, dalam rangka memperingati proses pelayanan (Usia PERAK) yang ke-25, 09 Januari 2018, Koperasi Kredit Serviam kembali menerbitkan buku edisi kedua dalam bentuk bunga rampai.

 Buku ini berjudul “Koperasi Kredit: Jalan Menuju Sukses“ untuk merefleksikan ulang sepak terjang perjalanan penuh badai namun menyenangkan selama 25 tahun yang telah lewat serta menentukan impian-impian baru yang lebih inovatif 25 tahun ke depan dengan semangat “Ciptakan ruang pasar baru tanpa pesaing dan biarkan kompetisi tak lagi relevan”. Ini merupakan insipirasi luar biasa penulis buku “Blue Ocean Strategy: Strategi Samudera Biru” terbitan tahun 2005 oleh W. Chan Kim & Renee Mauborgne.

Keduanya lebih lanjut menulis, “Inilah buku mengenai persahabatan, kesetiaan dan rasa saling percaya satu sama lain. Oleh karena persahabatan serta keyakinan itulah kami beranjak menjelajahi ide-ide buku ini dan kemudian menuangkannya dalam tulisan. Buku ini bukanlah bukti sebuah keunggulan sebuah gagasan melainkan bukti keunggulan sebuah persahabatan yang kami rasakan jauh lebih bermakna dibandingkan gagasan apa pun dalam dunia bisnis. Persahabatan ini membuat kehidupan kami lebih kaya dan dunia kami terasa lebih indah. Kami tidak sendirian”. Tidak berlebihan, keluarga besar Koperasi Kredit Serviam juga merasa demikian.

Terima kasih berlimpah kepada semua pihak yang telah terlibat pada penerbitan buku edisi kedua ini: Prof. Dr. Susetiawan, SU dan Dr. Hempri Suyatna, S.Sos.,M.Si yang telah bersedia menulis prolog, Puskopdit Flores Mandiri, Induk Koperasi Kredit (Inkopdit)-Jakarta, Pemerintah Kabupaten Ende, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Para Penyumbang Tulisan, Tim Editor, Fungsionaris dan 3.874 Anggota Kopdit Serviam yang selalu menginspirasi dan memberikan kepercayaan penuh untuk menerbitkan buku edisi kedua ini serta semua saja yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dan Tuhan yang Maha Sempurna. “Kita tidak perlu ahli untuk memulai namun kita memulai untuk menjadi ahli”.

Kami menyadari bahwa buku ini meski sudah edisi kedua tentu masih jauh dari sempurna. Segala kritik dan saran konstruktif untuk meningkatkan performance ke depan disambut dengan tangan dan hati terbuka sebab kami tidak boleh berpuas diri dan berhenti pada zona nyaman. Kami merasa perlu untuk terus memperbaiki diri dan berubah, selalu ada cara dan sistem kerja yang lebih profesional dengan produk-produk yang lebih bermutu. Semoga buku ini bermanfaat bagi perubahan cara berpikir, cara bertindak dan hidup kita sekalian bersama gerakan koperasi kredit.

Dirgahayu PERAK Koperasi Kredit Serviam Ende!

Ende, 09 Januari 2018


Kosmas Lawa Bagho, S. Fil., M.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar