Kamis, 30 November 2017

Pelatihan Audit Internal Berbasis IT

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Kepala Bidang Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri

Puskopdit Flores Mandiri, Ende-Flores melakukan lagi pengembangan kompetensi para auditor. Istilah kerennya auditor internal bagi para primer yang berpayung dibawahnya. Memang, patut disadari bahwa menjadi tim auditor baik eksternal maupun internal tidaklah mudah. Auditor hendaknya memiliki kompetensi lebih dari para staf lain di dalam koperasi kredit baik primer maupun sekunder. Dengan demikian, tidak banyak orang menjadi auditor.



Menyadari peran strategis auditor dalam lembaga bisnis seperti koperasi kredit maka Puskopdit Flores Mandiri menyelenggarakan pelatihan auditor berbasi IT (pogram Sikopdit CS dan On-line) di Hotel Flores Mandiri sejak tanggal 26 hingga 30 November 2017.

Pelatihan ini dibuka resmi oleh Mikhael H. Jawa, manajer Puskopdit Flores Mandiri dan difasilitasi fasilitator tunggal Kepala Bidang Audit Puskopdit Flores Mandiri, Kristoforus Tere, S,.H. M.M. Para peserta adalah utusan Koperasi Kredit Sangosay (3 orang), Koperasi Kredit Sinar Harapan (6 orang), Koperasi Kredit Bahtera (1 orang), Koperasi Kredit Kembang (1 orang) dan Puskopdit Flores Mandiri (1 orang). Total 12 orang.

Pesertanya sedikit namun peran, tugas, tanggungjawab dan materinya sungguh luar biasa. Alokasi waktu hampir 5 hari, dirasakan belum cukup sebab keseluruhan materi lebih bersifat praktis dari pada teori. Belum lagi praktik audit yang dilakukan berbasiskan IT atau program Sikopdit CS dan On-line.

Materi yang disajikan sejak hari pertama masih bersifat pembukaan, orientasi pelatihan selanjutnya pentanr audit, teknik dan prosedur audit, pendalaman SAK-ETAP, laporan keuangna berbasis Program Sikopdit, audit aspek hukum dan organisasi, keuangan (kas dan setara kas), keuangan (piutang anggota), keuangan (R/K Pusat, aset tetap), permodalan dan manajemen, PEARLS dan PENKES tahun 2016 dan sistematika pelaporan audit. Dalam sela-sela sesi selalu diwarnai diskusi hangat agar pendalaman materi lebih bersifat praktis-aplikatif.

Pelatihan ini ditutup secara resmi oleh Mihael H. Jawa, manajer Puskopdit Flores Mandiri dengan harapan, para peserta dapat mengaplikasikan hasil pelatihan atau lebih tepatnya "coaching audit" dan membuat laporan hasil audit koperasi kredit masing-masing dan mengirimkannya ke Puskopdit Flores Mandiri.

Semoga, kita bertemu lagi dalam dunia praktik bukan lagi teori ...

2 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. whatsapp +447456405237
    E-mel: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

     BREAKING NEWS, BREAKING NEWS BREAKING NEWS
    Assalamalekum ,, Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman AASIMAHA ADILA AHMED yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu. Nama saya William Marsh, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di SEBUAH
    Asia dan seluruh dunia berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya ditipu oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditor tepercaya ini bernama perusahaan AASIMAHA ADILA AHMED LOAN yang membantu banyak orang dan keluarga saya di jakarta. Perusahaan meminjamkan (Rp. 8500.000.000) dengan suku bunga rendah 1% dalam pinjaman tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 2 jam tanpa tekanan. Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratan. di sini di JAWA BARAT. Anda juga dapat menghubungi saya: (williamarshal@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut, pekerjaan baik dari perusahaan induk adalah melalui internet, televisi, koran, dan tempat
    Ikut pada Instagram @
    Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    Kericau; aasimhaloanfirm

    BalasHapus