Rabu, 11 Oktober 2017

Tips Jadi Wirausahawan Sejati

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Staf Pengajar Pengantar Bisnis
Politeknik Santu Wilhelmus-Flores, Boawae

Waktu kuliah di Pascasarjana Universitas Negeri Malang 2014-2016, saya berkesempatan bertanya kepada profesor yang membawa materi tentang Bisnis Internasional. Bisnis pada tingkat apa pun, tingkat keberhasilan sangat bergantung pada jiwa entrepreuner sang pemiliknya atau lebih dikenal dengan istilah "owner".



Waktu itu, saya belum sepenuhnya memahami. Namun dalam perjalanan praktis pengalaman nyata, perlahan saya pun mengerti. Ternyata, bisnis pada tingkat mana pun, jiwa entrepreunernya menjadi titik kunci keberhasilan suatu bisnis, termasuk wirausaha pada tingkat dasar.

Dalam permenungan lebih lanjut, saya kembali mendatangi Gramedia. Toko buku yang menyediakan semua informasi yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan kehidupan manusia yang lebih berkualitas.

Momdar-mandir ke sana, ke mari tanggal 08 Maret 2015, saya memutuskan membeli satu judul buku yang sangat berkaitan erat dengan rasa penasaran saya. Buku itu tidak terlalu tebal namun judulnya sangat menggugat dan menggugah saya pribadi.

"Membangun Jiwa Entrepruener Sejati" judul buku itu. Buku tersebut ditulis oleh Dirga Kabila dengan editor FINT dan diterbitkan Brilliant Books, Yogyakarta, yang cetakan pertamanya tahun 2013. Saya berusaha menguliti isinya.

Salah satu isi yang ingin saya bagikan kepada pembaca adalah ciri-ciri pengusaha atau wirausahawan tangguh dan tips mengembangkan semangat juang pada pengusaha atau wirausahawan/i yang tertulis pada halaman 36 - 40.

Ciri-ciri Pengusaha Tangguh:
Wirausahawan tangguh adalah wirausahawan yang mempunyai semangat, sikap perilaku dan kemampuan wirausahawan yang sangat baik utnuk dapat mendirikan, memiliki dan menangani perusahaan atau bisnis yang risikonya cukup besar serta kegiatan usahanya sangat kompleks.

Ciri-cirinya:
1. Berpikir dan bertindak secara bijak dan adaptif terhadap perubahan dalam mencari peluang termasuk menanggung risiko yang agak besar dalam mengatasi masalah-masalahnya.

2. Selalu berusaha untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan pelanggan (anggota) tanpa mengorbankan pihak lain.

3. Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan yang dikelolanya serta meningkatkan kemampuan pengendalian dengan sistem internal.

4. Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketanggguhan perusahaan terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja bawahannya.

5. Memiliki sikap melindungi karyawannya dan aset perusahaan. Itulah pemimpin sejati yang melindungi karyawannya maka dampaknya adalah karyawan bertambah loyal dan dedikasinya tinggi.

Tips mengembangkan semangat juang wirausahawan:
1. Meluaskan wawasan dan ilmu.
    Ilmu pengatahuan adalah rahasia utama membangun karakter pengusaha tangguh dan mampu melihat perkembangan zaman. Ilmu pengatahuan ibarat senjata dengan amunisi yang hebat untuk menaklukkan kebingungan, kebodohan dan tipu muslihat pesaing bisnis.

2. Membangun relasi.
    Menjalankan bisnis tak mungkin dikerjakan sendiri. Wirausahawan butuh beck up pihak lain atau relasi bisnis. Relasi bisnis inilah sebagai pilar kekuatan bisnis yang menyangga kehidupan bisnis.

3. Berpikir bisa.
    Ciptakan pola pikir bisa apabila berhadapan dengan hal-hal baru yang mendukung bisnis atau usaha. Berpikir bisa tentu sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan yang kadang dirasakan sulit. Melalui cara berpikir bisa, kita bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan sukses sehingga semakin membuat bisnis kita menjadi sukses. Berpikir bisa sangat efektif untuk menghancurkan mental block yang tertanam di alam bawah sadar.

4. Kreatif dan Inovatif.
    Berpikir kreatif membantu usaha kita untuk bisa keluar dari masalah atau persoalan. Berpikir kreatif dan inovatif menjadi penyelamat di tengah persaingan bisnis yang makin ketat. Cara berpikir kreatif dan inovatis selalu ada cara atau solusi untuk keluar dari berbagai himpitan persaingan dan benang kusut persoalan bisnis yang sedang kita kembangkan.

5. Berpikir positif (Positive Think).
    Memiliki sikap dan berpikir positif merupakan kiat sukses lain dalam memulai suatu usaha atau bisnis. Yakinkan diri bahwa dengan  membuka usaha, anda alan mempu memiliki penghasilan setiap hari yang lebih besar. Lupakan kelemahan-kelemahan diri yang bisa menghalangi kemajuan dalam berbisnis, bersikap sabar, tidak pantang menyerah, terus belajar dan selalu melihat permasalahan secara positif.

6. Berani berkorban.
    Mau jadi pengurusa atau wirausahawan tangguh harus berani berkorban waktu, dana maupun moril. Sukses tak bisa diraih secara instan. Untuk mencapai puncak tangga harus menapaki tangga dari dasar, setapak demi setapak dan terus naik sampat atas menuju puncak yang diharapkan.

Selamat berpraktik!

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar