Rabu, 01 September 2010

Setiap Bulan atau Berkala Selalu Ada Forum Evaluasi

(ENDE, FLORES POS; 9 JULI 2005) Setelah melakukan stuba di pulau Sumatera dan Kalimantan,28 anggota Puskopdit Ende-Ngada-Nagekeo berkunjung ke Pulau Jawa,tepatnya di Puskodit Bekatigade Daerah Istimewa Yogjakarta(DIY) untuk 1 Puskopdit dan 2 kopdit yaitu Kopdit Amrih Makmur,Bantul dan Kopdit Mandasar,Gunung Kidul,sejak tanggal 20-23 mei 2005.

Puskopdit/kopdit di DIY, perkembangan anggota dan usahanya memang agak lambat dibandingkan dengan 3 Puskopdit lain yang dikunjungi. Namun secara strategi pengembangan jangka panjang Puskopdit ini memiliki beberapa kelebihan.

Kemauan untuk bangkit melalui konsolidasi organisasi dan usaha berlangsung secara sungguh-sungguh. Konsolidasi yang mereka buat hampir mirip dengan apa yang telah kita laksanakan beberapa tahun terakhir,yaitu kopdit harus mempunyai karyawan/manajer,pelayanan harian,ada tempat pelayanan,memperluas keanggotaan,diversifikasi simpanan,dan pinjaman.

Kopdit-kopdit yang tidak memenuhi persyaratan boleh merger atau bubar atau boleh tetap berjalan,tetapi tidak menjadi anggota dalam jaringan puskopdit. Prinsipnya ,sedikit kopdit tetapi luas jangkauan pelayanan dan banyak anggotanya. Untuk mewujudkan ini setiap orang harus melepaskan berbagai ragam ego,ego pribadi,kelompok,dan ego wilayah.

Kedisiplinan dan keuletan para pelaksana dari kolektor pencatat dan staf kopdit sungguh-sungguh memiliki nyali untuk bekerja lembur demi membantu sesama,serta meningkatkan pendapatannya. Keuletan kolektor dapat digambarkan dari penyerahan agunan/bonding kepada kopdit sebelum menjadi kolektor,serta mau diberi pendidikan atau pembekalan secara serius tentang seluk-beluk perkoperasian kredit an mau berjemur di panas dan hujan untuk mencari anggota dan menarik kembali pinjaman,dan apabila pinjaman tak tertagih maka ia pun harus rela merogoh koceknya sendiri. Luar biasa.

Sistem administrasi yang tertib dan teliti. Menarik bahwa sistem harian dengan pencatatan harian,demikian juga mingguan,dan bulanan. SDMnya benar-benar disiapkan untuk melakukan segala tata administrasi secara tertib dan disiplin.
Forum sharing bersama. Setiap bulan atau berkala selalu ada forum untuk bersama mengevaluasi atau mendapat pengetahuan baru ataupun sekadar untuk saling menguatkan bila ada persoalan lapangan yang rumit dipecahkan.

Demikian laporan Koordinator Diklat Puskopdit Bekatigade Ende-Ngada-Nagekeo, Kosmas Lawa Bagho yang ikut dlam rombongan stuba Puskopdit Bekatigade Ende-Ngada-Nagekeo,dan bahannya dirangkum oleh wartawan Flores Pos,Philipus Suri (habis dari 6 tulisan)

2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus