Jumat, 18 Agustus 2023

Puskopdit Flores Mandiri Selenggarakan RAT Tahun Buku 2022

Oleh Kosmas Lawa Bagho

Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri

 

Bupati serahkan penghargaan

Puskopdit Flores Mandiri menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022 pada tanggal 09-10 Juni 2023 di Aula Utama Hotel Flores Mandiri menghadirkan Bupati Ende, Ketua Pengurus Inkopdit, Penjabat Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Ende, utusan primer (Ketua dan Manajer), Pengurus, Pengawas, Penasihat serta Manajemen Puskopdit Flores Mandiri, Clarita Choir juga peserta OJT (On Job Training) yang sedang mengikuti kegiatan selama 60 hari.

 

Ketua Puskopdit Flores Mandiri, Kristoforus Aja dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh gerakan perlu manyampaikan syukur berlimpah atas peneyertaan Tuhan yang Maha Esa terhadap perjalanan Puskopdit Flores Mandiri dan para anggota primer terutama berbagai peristiwa luar biasa pada periodisasi tiga tahun 2020-2022.

Bupati Ende bersama Fungsionaris PFM

“Patutlah kita haturkan pujian berlimpan kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Kasih karena berkat cinta dan kemurahan-Nya selama dinamika perjalanan tahun buku 2022 sehingga kita bisa melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2022 dengan baik. Saya juga mengajak kita untuk bersyukur karena tahun ini juga merupakan akhir periodisasi untuk pengurus, pengawas dan penasihat 2020-2022”, katanya mengingatkan.

Lebih lanjut, Kristo Aja menambahkan bahwa perjalanan waktu tiga tahun merupakan suatu rentangan waktu yang singkat. Dalam rentang waktu yang singkat ini GKKI dalam wilayah ini bersama-sama melahirkan kegiatan monumental seperti perayaan 50 tahun Gerakan Koperasi Kredit di Flores yang dimulai tahun 1972 dengan Kopdit Jayakarta sebagai yang sulung, yang telah dirayakan tanggal 9-10 Juni 2022 dan dalam rangkaian kegiatan dimaksud telah melahirkan dua buku kenangan sebagai legacy generasi masa depan yang berjudul “Koperasi Kredit Dialog Kehidupan” dan “Merawat Ingatan Jejak Sejarah Koperasi Kredit di Flores”.

Manajemen PFM

Kristoforus Aja juga menekankan kiat dan strategi jitu gerakan Koperasi Kredit dibawah payung Puskopdit Flores Mandiri untuk senantiasa adaptif terhadap berbagai perubahan iklim perekonomian dunia terutama perekonomian nasional termasuk berbagai perubahan regulasi perkoperasian terbaru. Gerakan Koperasi Kredit juga perlu mengantisipasi delapan risiko pengelolaan koperasi kredit dan Puskopdit Flores Mandiri yakni risiko operasional, risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko stratejik, risiko kepatuhan, risiko legal dan risiko reputasi.

“Saya yakin dan percaya bahwa kita semua sudah dan sedang mengplikasikannya dalam keseluruhan proses pengelolaan baik selama 50 tahun yang sudah lewat terutama pada dinamika perjalanan selanjutnya. Teruslah beradaptasi dengan berbagai perubahan dan kemajuan agar Koperasi Kredit tidak ditinggalkan anggota dan sentiasa dicintai oleh segenap anggota dan masyrakat. Kita juga terus meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan kerja untuk tahun buku 2023 dan selanjutnya,” katanya meyakinkan.

Ketua Inkopdit, Joko Susilo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) mengapresiasi Puskopdit Flores Mandiri yang cukup bertumbuh dalam sisi  keuangan dan keorganisasian dalam bentuk yang nyata seperti hotel dan kantor yang megah.

“Puskopdit Flores Mandiri bersama primernya sungguh memberdayakan kemandirian anggota menuju hidup secara bermartabat karena kopdit-kopdit di sini menunujukkan pertumbuhan yang signifikan terutama dalam bentuk nyata seperti hotel dan kantor yang megah tidak sama seperti saya datang pertama kali ke Ende beberapa tahun silam. Proses pemberdayaan ini menjawabi keraguan banyak orang tentang koperasi kredit yang merupakan kumpulan orang miskin dan selalu menganggap orang miskin tidak bisa menabung. Kita mampu membuktikannya dalam karya nyata dengan membangun orang tanpa orang merasa rendah diri. Puskopdit juga tidak minus SHU di tengah tantangan Covid-19,” katanya memberikan apresiasi positif disambut tepuk tangan peserta RAT.

Lebih lanjut Joko Sosilo menyampaikan bahwa orang kaya dapat dicapai dalam 3 M yakni menjadi keturun orang kaya (tentu kita tidak bisa); menjadikan mantu orang kaya (kita juga tidak bisa); menabung sejak dini (ini yang kita wujudkan setahap demi setahap). Dengan demikian, kita perlu mewujudkan 3 K sebagai pedoman untuk jadi orang sukses yakni Kejujuran, Ketulusan dan Konsistensi.  

“Puskopdit Flores Mandiri hendaknya mewujudkan 3 K dalam keseharian pelayanan serta mengimplemtasikan external good governance menyangkut pemenuhan regulasi. Puskopdit juga sudah melahirkan PT Karysma sebagai bukti pemenuhan legalisasi exsternal good governance”, tegas beliau mengingatkan.

Bupati Ende, Djafar Achmad dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas undangan Puskopdit Flores Mandiri dan menegaskan bahwa melaksanakan RAT bukanlah acara seremonial belaka tapi dengan melaksanakan RAT berarti koperasi melaksanakan amanat undang-undang disamping untuk mengevaluasi kinerja manajemen, merumuskan dan mengesahkan rencana kerja dan hal-hal lain yang penting dan strategis untuk masa depan koperasi. Bupati Jafar juga melanjutkan bahwa ketatnya persaingan dunia usaha, mau tidak mau menuntut koperasi kredit untuk terus berinovasi mengembangkan bentuk-bentuk pelayanan sesuai tuntutan zaman dan kebutuhan para konsumen yang muara akhirnya bagi kesejahteraan bersama para anggotanya.

“Saya sangat yakin dengan kemampuan dan kualitas yang dimiliki para pengurus dan pengiat, koperasi kredit mampu mengatasi dinamika yang terjadi dalam membangun dan mengembangkan koperasi kredit. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak anggota masyarakat yang bergabung dan semakin berkembangnya aset yang dimiliki koperasi kredit. Kehadiran koperasi kredit selama ini telah memberikan andil yang signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi rakyat di Kabupaten Ende, Nagekeo dan Ngada”, tegasnya.

Lebih lanjut, Bupati Djafar Achmad menyatakan bahwa indikator keberhasilan sebuah koperasi tentunya dilihat dari sisi sejauh mana perubahan tingkat kehidupan anggotanya sebelum dan sesudah berkoperasi. Koperasi yang mewadahi anggotanya dengan latar belakang ekonomi yang bervariasi agar mampu menstimulasi bertumbuhnya minat dan motivasi para anggota untuk mengembangkan kegiatan ekonomi riil sesuai dengan kondisi dan kapasitasnya masing-masing. Artinya Koperasi tidak hanya membangun strategi dan rencana kerja untuk membesarkan lembaganya saja tetapi harus lebih terfokus pada aktivitas nyata membangun ekonomi anggota.

“Kami berharap kiranya koperasi kredit selalu bermitra dengan pemerintah, karena kita mempunyai tujuan yang sama dalam memberikan pelayanan yaitu kesejahteraan masyarakat”, tegas Bupati Djafar sambil mengetuk palu untuk membuka Acara Rapat Anggota Tahunan Puskopdit Flores Mandiri Tahun Buku 2022, tanggal 09-10 Juni 2023 secara resmi.

Kepengurusan PFM 2023-2025

Rapat Anggota Tahunan kali ini juga memilih pengurus dan pengawas masa jabatan 2023- RAT Tahun Buku 2025 dengan hasil pemilihan yang dipandu Panitia Nominasi (Panom) Pemilihan Pengurus dan Pengawas sebagai berikut:

 

Pengurus

Ketua               : Elias Cima, S. Sos.,MA

Wakil Ketua     : Hubertus B. Sari, S.Pd

Sekretaris 1     : Petrus E. Y. Ngilo Rato, S. Pd

Sekretaris 2     : Kristoforus Aja, SH

Bendahara      : Maria Angeli Igo, S.Hut

 

Pengawas

Ketua               : Martinus Madha

Sekretaris        : Oswaldus Meo, M.Pd

Anggota           : Donatus Tato, M.Pd

 

Penasihat (Diangkat Pengurus Terpilih)

Fransiskus X. Tiro, S. Ag

Robertus A. R. Raga, SH

Petrus Mame Rabha, BA

 

Manajer                      : Drs. Mikhael H. Jawa

Kabid Audit                  : Kristoforus Tere, SH.,MM

Kabid Pendampingan : Kosmas Lawa Bagho, S.Fil.,MM

Kabid Adum                 : Hendrikus Tewa, S.Sos

Kabid Keuangan          : Vilomena Peti, SE

Staf Keuangan             : Modesta Sa, S.Sos

Staf Audit                    : Yohanes Ema Seda, S.Kom.,MM

                                      Oswaldus Romanus Minggu, SE

Staf Diklat                   : Venansius Salali, S.TP

Staf Adum                   : Gabriel Mani, Maria Linrahman S.Kom, Yohanes Nggase

 

 ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar