Senin, 10 Desember 2018

On The Job Training (OJT) 60 Hari Angkatan XXII Tahun 2018 Berakhir

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri

Peserta Bangga Pamer Sertifikat
Sejak periode perdana, On The Job Training (OJT) 60 Hari Angkatan perdana yang berlangsung sejak tanggal 28 Februari - 02 Mei 2007, hampir setiap tahun secara konsisten Puskopdit Flores Mandiri melaksanakan OJT sebagai kesempatan mempersiapkan para calon karyawan koperasi kredit dan Puskopdit Flores Mandiri agar siap dan terampil melaksanakan tugas sebagai karyawan dan karyawati. Tidak ada lagi istilah rekrut tenaga "mentah" melainkan tenaga "jadi" yang langsung memberikan kontribusi optimal bagi kesejahteraan anggota dan keberlanjutan lembaga koperasi kredit.



Sejak tahun 2007 hingga tahun 2018 sudah 22 kali atau 22 angkatan. Angkatan ke-22 dilaksanakan pada tanggal 09 Oktober - 07 Desember 2018 dengan 19 peserta, utusan dari lima koperasi kredit. Koperasi Kredit Sangosay mengirim 14 utusan, Koperasi Kredit Setiawan 1 utusan, Koperasi Kredit Ratna 1 utusan, Koperasi Kredit Karya Duta 2 utusan dan Koperasi Kredit Kapo Kunu 1 utusan. Total 19 utusan.

Para peserta OJT ke-22 sebagaimana angkatan sebelumnya dibekali dengan materi motivasi pengembangan diri serta pengelolaan diri dan waktu; filosofi & dasar-dasar kopdit serta ToT; akuntansi koperasi kredit; Sikopdit CS/OL, manajemen keuangan, manajemen perkreditan dan kelalaian; pedalaman Microsoft Office Excel dan Acess untuk sortir dan filter data, pengenalan sistem jaringan workgroup dan domain; standar layanan kopdit dan evaluasi akhir. Materi utama senantiasa diakhiri dengan uji pemahaman secara tertulis dan lisan.  Pada akhir pelatihan dilakukan refleksi penilaian diri dan penilaian antar teman. Aspek penilian antara lain: penggunaan waktu, kepatuhan dan kerja sama dalam tim, ketahanan fisik (kesehatan) dalam mengikuti kegiatan, kepekaan, partisipasi, tanggung jawab, dan pengendalian diri selama mengikuti kegiatan OJT.

Umumnya para peserta, awalnya cukup tegang dengan berbagai latar belakang yang berbeda dengan pengatahuan dan ketrampilan berkoperasi kredit yang kurang tetapi diakhir kegiatan, semua peserta menyampaikan ucapan terima kasih berlimpah kepada Puskopdit Flores Mandiri yang benar-benar telah membekali karakter mereka untuk siap langsung bekerja serta berkontribusi optimal bagi koperasi kredit mereka masing-masing.

"Awalnya kami merasa waktu yang cukup panjang harus diasaramakan selama 60 hari. Namun setelah melewati dengan berbagai aktivitas pengatahuan, ketrampilan terutama persiapan karakter maka malam ini, waktu penutupan OJT, kami merasa waktu 60 hari itu terlalu sedikit. Kami merasa baru hari pertama kami berada di lingkungan yang penuh nuansa akademik praktis: pengatahuan, keterampilan dan pembinaan karakter" ungkap Hendrikus Mao (Herry) utusan dari Kopdit Setiawan yang mewakili peserta pria.
 
Peserta bergambar bersama di depan Hotel Flores Mandiri

Hal yang sama diungkapkan juga Rofina Densi, utusan Koperasi Kredit Sangosay yang mewakili peserta perempuan dengan nada gembira mengatakan bahwa selama persemaian  merasa ada sesuatu yang luar biasa. "Kami benar-benar harus berteriam kasih kepada para pendamping dan manajemen Puskopdit Flores Mandiri yang telah membentuk kami dengan sabar, tekun dan telaten serta memotivasi kami untuk tetap menjadi nomor satu. Soal-soal akuntansi kadang membuat kami kecewa, merasa gagal dan bahkan hampir menyerah namun motivasi sondtrack lagu yang dipopulerkan Andy Lau Everyone is Number One melalui pendamping motivasi pekan-pekan awal OJT membuat kami tegar, kuat dan setia menjalaninya hingga akhir. Lagu Everyone is No. 1 merupakan suntikan motivasi tambahan agar kami mampu dan sanggup menjalani seluruh proses pembentukan selama 60 hari dalam suka dan duka. Kami merasa bangga dan bersyukur bisa mengalami momen-momen spesial ini. Terima kasih berlimpah untukmu semua," tutup Fina nama panggilan Rofina Densi dengan mata berkaca-kaca.

 Orang Hebat
Manajer Puskopdit Flores Mandiri, Drs. Mikhael H. Jawa tak segan memuji para peserta dalam sambutan acara penutup dengan mengatakan bahwa peserta OJT adalah orang-orang hebat yang diharapkan menjadi garda terdepan untuk mengelola koperasi kredit secara profesional agar nilai-nilai pemberdayaan anggota menuju kesejahteraan dalam segala dimensi kehidupan bisa dicapai secara sukses dan optimal.

"Kalian adalah orang-orang hebat yang mau terjun dan berpartisipasi dalam proses pemberdayaan masyarakat melalui lembaga koperasi kredit. Tidak semua orang merasa bangga dan terpanggil untuk mengabdi dan melayani masyarakat kecil melalui lembaga seperti ini. Banyak orang merasa lebih "wah" jika bekerja pada lembaga-lembaga yang dianggap 'wah' oleh sebagian besar masyarakat kita. Kalian mau dan ikut seluruh proses 60 hari di sini berarti anda semua adalah orang-orang hebat. Jangan malu untuk terus belajar dan mengaplikasikan hasil pembelajaran secara hebat.

Kami akan merasa bangga apabila anda kalian sukses mengaplikasikan semua pembelajaran selama 60 hari di sini di koperasi kredit kalian masing-masing. Anggota dan masyarakat menyaksikan apa yang kalian lakukan di sana. Apabila semua anggota dan masyarakat puas akan pelayananmu baik secara pribadi maupun organisasi maka proses pembelajaran 60 hari akan memberi nilai lebih bagi anggota dan memberikan rasa puas bagi kami para pembimbing. Kami akan merasa hebat jika anda kalian melakukan apa yang diperoleh secara hebat di medan karya nyata nantinya karena kami memberi bukan dari kelebihan tetapi kami memberinya dari hati" kata Mikhael penuh harap. 

***

Proses pembenaman nilai-nilai selama 60 hari bukan sesuatu yang mudah apalagi tanpa tantangan. Pasti membutuhkan tenaga, pikiran dan dana yang besar baik bagi peserta maupun para pelaksana. Namun semuanya sudah berjalan sampai 22 angkatan berarti Puskopdit dan Kopdit-Kopdit di wilayah ini mampu merancang program sesuai kebutuhan organsasi koperasi kredit dan puskopdit saat ini maupun masa depan. OJT sebagai salah satu wadah mempersiapkan generasi koperasi kredit yang pintar (tahu dan bisa), bijak dan berkarakter untuk meneruskan karya-karya pemberdayaan masyarakat akar rumput melalui sistem yang benar dan tepat sehingga koperasi kredit berkelanjutan dan seluruh anggota menikmati kesejahteraan. 

Sembilan belas peserta telah merasakan apa yang mereka peroleh selama 60 hari dan kini mereka berusaha mengimplentasikan secara baik dan benar di koperasi kredit masing-masing. 

Pastor Pit Bate, SVD dalam perayaan ekaristi penutupan juga berharap agar peserta OJT bisa menerapkan apa yang diperoleh selama 60 hari. Kesuksesan OJT 60 hari sangat bergantung pada aksi nyata yang diimplementasikan para peserta bersama anggota dan masyarakat. 

Beliau pun berujar,

"Awal datang kalian ke sini, belum mengenal apa itu filosofi dasar koperasi kredit, belum bisa berbicara di depan umum dengan penuh percaya diri, belum memahami akuntansi, manajemen keuangan, perkreditan dan sikopdit namun kini setelah 60 hari kalian sudah bisa mengaplikasikan pada koperasi kredit masing-masing. Tingkat keberhasilan OJT enam puluh hari di Puskopdit Flores Mandiri sangat bergantung pada tindakan pelayanan ke-19 peserta di kopdit masing-masing".

 
Peserta OJT XXII dengan Latar Danau Kelimutu

Para peserta OJT hendaknya menyimak dan melaksanakan apa yang diharapkan salah seorang pastor pembimbing rohani dan menjadi harapan semua orang terutama para aktivis koperasi kredit pada tiga kabupaten yakni Ende, Nagekeo dan Ngada serta para pendamping yang sebagian besar adalah manajemen Puskopdit Flores Mandiri.

Selamat berpraktik!

***


6 komentar:

  1. Trimakasi banyak bapa banyak pelajar yg kami dapat
    60 hr meruba kami dari yang tidak tau apa apa.kami sekarang bisa berjalan tegap karna sudah di tempa dengan berbagai ilmu sehigga kami semua percaya diri bahwa kami bisa menjadi pribadi yg berguna untuk semua orng .

    BalasHapus
  2. Terima kasih Fina dan kawan-kawan. Kalian adalah orang-orang hebat, orang-orang number one sebagai pelanjut estafet pelayanan dan pemberdayaan koperasi kredit era milenial dan masa depan. Salam suskes selalu ...

    BalasHapus
  3. Terima Kasih Banyak Bapak.Banyak hal yang kami dapat selama 60 hari yang tentunya sangat berguna bagi kami,Kami adalah org yang beruntung karena dri sekian banyak teman2 yang berjuang kamilah yang di beri kesempatan.Terima Kasih Bpk & semua Staf Manajemen Puskopdit Flores Mandiri..Jayalah selalu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk komentar dan atensinya. Salam sukses juga ...

      Hapus
  4. Sukses selalu dan selamat berjuang untuk kawan-kawan peserta OJT22, Kopdit dan gerakan pemberdayaan masyarakat menanti anda. Salam jg buat penulis. GBU All.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ade Joe, sukses juga buat calon magister strategik hehehe. Amin.

      Hapus