Jumat, 26 Januari 2018

"Mereka Takjub dan Memperbincangkannya"

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Panitia Rapat Anggota Khusus (RAK)
Puskopdit Flores Mandiri bagian Liturgi

Catatan:
RAK Puskopdit Flores Mandiri di aula Hotel Flores Mandiri tanggal 27-28 Januari 2018 ada acara perayaan Ekaristi (Misa katolik red). Demikian kata pengantar Misa, Hari Minggu tanggal 28 Januari 2018



Tema           : Syukur Tahun Buku 2017 dan Mohon Berkat Tahun Buku 2018

Minggu Biasa IV
Bacaan I      : Ul,      18 : 15 – 20.
Bacaan II     : 1 Kor,  7  : 32 – 35
Injil             : Mrk,   1   : 21 - 28

“Mereka semua takjub sehingga mereka memperbincangkannya”.


Pastor Elias SVD, Ibu/Bapak Fungsionaris Puskopdit dan Koperasi Kredit Primer, peserta RAK dan umat sekalian yang terkasih.

Selamat pagi, selamat berhari Minggu dan selamat menjalankan Rapat Anggota Khusus (RAK) dalam suasana keberlimpahan berkat dan lindungan kasih Allah yang maha agung. “Mereka semua takjub sehingga mereka memperbincangkannya” adalah penggalan kalimat yang terujar secara spontan atas kekaguman orang banyak terhadap apa yang dilakukan Yesus kepada orang yang kerasukan setan dalam bacaan Injil yang akan kita dengarkan sebentar pada liturgi Sabda.

Umat beriman yang terkasih,
Entah kebetulan atau tidak, peristiwa yang digambarkan dalam seluruh bacaan hari ini memvisualisasikan kejadian nyata yang sedang kita jalani saat ini. Sejak sore kemarin, kita sudah berada di sekitar Hotel Flores Mandiri untuk melaksanakan Rapat Anggota Khusus dengan tema “Urgensitas Komitmen Aksi: Membedah Sistem Tata Kelola Koperasi Kredit yang Sehat” serta tema Ekaristi kita pagi ini “Syukur atas keberlimpahan Tuhan pada Tahun Buku 2017 dan Mohon Berkat atas perjuangan dan perjalanan kita selama Tahun Buku 2018”.

Kita mensyukuri seluruh dinamika perjalanan Tahun Buku 2017 dengan melakukan evaluasi secara kritis dan sungguh-sungguh, entahkan hasil karya kita mengundang decak kagum dan ketakjuban seluruh anggota ataukah masih terdapat sejumlah catatan perbaikan untuk kita implementasikan pada tahun buku 2018. Dengan demikian, kita bersama Rasul Paulus dalam bacaan kedua, “Semuanya ini kukatakan untuk kepentingan kamu sendiri, bukan untuk menghalang-halangi kamu dalam kebebasanmu melainkan supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik”.

Umat beriman yang terkasih,
Mari kita membuka perayaan ekaristi pagi ini dengan lagu pembukaan …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar