Jumat, 02 Mei 2014

Pastor Ir. Bernadus Johannes Baack, SVD, Inspirator Gerakan Credit Union Flores



Ditulis oleh Dr. Leo Kleden, SVD, Provinsial SVD Ende dan dinarasi oleh Kosmas Lawa Bagho 


Gerakan koperasi kredit, sudah mengetahui bahwa Pater Ir. Bernadus Johannes Baack, SVD adalah salah seorang perintis, penyemai dan pengembang awal koperasi kredit di Flores terutama di Kabupaten Ende, Ngada dan Nagekeo. Namun, kebanyakan kita mungkin belum mengenal secara dekat, siapa sosok atau riwayat hidup beliau.


Pastor Ir. Bernadus Johannes Baack, SVD lahir di Groenlo, Belanda pada tanggal 11 Agustus 1914, anak ke-8 dari 9 bersaudara. Orangtua, Ayah bernama Johannes Baack dan Ibu, Maria Nijkamp.

Riwayat Pendidikan
Pastor Baack kecil, sekolah pendidikan dasar pada Lavere School sejak tahun 1921 hingga 1927. Kemudian masuk Gymnasium di Seminari Menengah di Uden pada tanggal 8 September 1928 lalu masuk Novisiat SVD (Serikat Sabda Allah) di Helvoirt pada tanggal 8 September 1934.

Riwayat Kaul-Kaul dalam Biara SVD
Kaul pertama dalam Serikat Sabda Allah (SVD) pada tanggal 8 Spetember 1936 di Helvoirt dan studi filsafat juga di sana. Dari Helvoirt, beliau pindah ke Teteringen untuk melanjutkan studi filsafat dan teologi sejak tahun 1937 hingga 1940. Kaul kekal beliau terima di Teteringen pada tanggal 07 Juli 1940 dan menerima tahbisan diakon juga di Teteringen pada tanggl 7 Juli 1940, akhirnya menerima tahbisan Imam pada tanggal 18 Agustus 1940 juga di Teteringen, Belanda.

Pater Ben Baack, SVD dibenum untuk Regio Flores namun lantaran dunia sedang dilanda peperangan, untuk sementara beliau tinggal dan bekerja di Belanda. Tahun 1945, beliau belajar pertanian pada Landbouhhogerschool – Sekolah Tinggi Pertanian Wageningen, yang beliau selesaikan pada tahun 1949 dengan memperoleh gelar Insinyur Pertanian. Sesudah situasi memungkinkan, akhir Desember 1949, beliau bertolak dari Marseille, Perancis dengan kapal MADURA menuju Indonesia. Tiba di Tanjungpriok pada tanggal 27 Januari 1950, beliau meneruskan perjalanannya ke Flores.

Tugas-Tugas Yang Dipercayakan Kepadanya
Juni 1950 hingga Juni 1957 menjadi dosesn di Seminari Tinggi Santu Paulus Ledalero  sambil membangun perkebunan Patiahu Maumere. Juni 1957 hingga September 1958, beliau menjadi Rektor dan Direktur di SMAK Syuradikara Ende. September 1957 kembali mengajar di Seminari Tinggi Santu Paulus Ledalero. Desember 1963, beliau berpindah ke Biara Santu Yosef Ende setelah ditunjuk sebagai Delegatus Sosial (Delsos kini PSE) Keuskupan Agung Ende dan penasihat IPP (Ikatan Petani Pancasila) yang dijabatnya hingga tanggal 4 September 1986. Dalam kedudukan sebagai DELSOS itulah, beliau menjadi inpirator, pioneer, pencetus ide/gagasan brilian serta mengembangkan Credit Union atau Koperasi Kredit.


Sesudah dibebaskan dari tugas sebagai DELSOS Keuskupan Agung Ende, beliau tetap tinggal di Biara Santu Yosef. Lanataran kondisi fisiknya yang terus menurun sejak Juli 2000, ia menetap di Biara Simeon Ledalero di mana ada perawat dan juga lebih dekat dengan Rumah Sakit Santa Elisabeth Lela. Tanggal 20 Juli 2001, Pastor Ben Baack, SVD menghembuskan nafasnya yang terakhir di Biara Simeon Ledalero Maumere dalam usianya yang ke-87. Jenasahnya diantar ke Ende dan dimakamkan di Pekuburan SVD Biara Santu Konradus Ende pada tanggal 21 Juli 2001.

Bapak/Ibu Undangan, hadirin yang terhormat,
Membaca riwayat hidup seseorang bukanlah suatu bentuk pengkultusan atau hanya sekedar membuat kita kagum akan karya-karya beliau. Namun pembacaan riwayat hidup ini memotivasi kita untuk terus melanjutkan karya agung Pater Ben Baack,SVD dengan mengembangkan koperasi kredit dan Puskopdit kita secara lebih sungguh-sungguh agar semua anggota mencapai kesejahteraan dan semua masyarakat, kehidupannya semakin bermartabat. Janganlah kita sekali-kali melupakan sejarah dengAn menciptakan sejarah keberlanjutan gerakan ini sampai anak cucu.

Pater Ben Baack, SVD, terima kasih untuk ide, gagasan dan kerja kerasnya, jadilah pendoa dan ikut serta menyertai perjalanan pengelolaan koperasi kredit dan puskopdit ini ke depan.

Ende, 30 April 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar