Senin, 23 Januari 2012

Tips Fasilitator Sukses

Suatu kebahagiaan bagi saya pribadi bisa mengikuti kegiatan Asian CU Forum di Malayasia sejak tanggal 15-21 September 2011. Ada berbagai sharing pengalaman dan workshop yang bisa memberikan motivasi tambahan untuk mengembangkan koperasi kredit di daerah masing-masing secara lebih progresif dan profesional.

Salah satu yang ikut menentukan adalah fasilitator. Kemampuan dan kapabilitas fasilitator terutama dalam memfasilitasi turut mengembangkan koperasi kredit secara fenomenal sesuai prinsip, jati diri dan nilai koperasi kredit/credit union. Demikian beberapa tips yang coba saya terjemahkan secara bebas sebagai bekal tambahan bagi kita para fasilitator koperasi kredit. Selamat membaca dan mencoba!

1.Bagikan para peserta dalam tim/group dan tergantung pada berapa jumlah group. Idealnya 4 kelompok dengan 4-6 peserta.
2.Jangan tempatkan peserta pada tempat yang terlalu rendah sehingga mereka hanya bisa melihat muka anda sendiri.
3.Yakinlah bahwa struktur materi bisa dipahami peserta. Buatlah cerita menarik pada awal, tengah dan akhir sesi. Biarakan peserta mengetahui apa yang akan terjadi dengan program training saat ini.
4.Bersikaplah rileks dan fleksibel serta janganlah membuku atau terpaku hanya pada materi yang telah anda siapkan. Bisa diubah cara dan metode training tergantung pada situasi rill peserta dan sumber daya yang disiapkan. Hanya perlu diingatkan bahwa apabila anda mengubah metode namun tujuan training tetap saja dicapai dengan baik.
5.Jika anda gagal menangkap secara sempurna pertanyaan peserta, itulah kegagalan anda bukan peserta. Tanyakan jawaban yang sama dengan pertanyaan berbeda dan jangan isyaratkan jawaban sesuai keinginan anda, hanya sortir ulang sesuai jawaban anda.
6.Provokasikan jawaban peserta dalam waktu 20-30 detik dan kumpulkan jawaban dari peserta serta beranikan peserta untuk memberikan pikiran atau pendapat.
7.Hindari berbicara yang terlalu banyak, usahakan 3/4 dari materi dimanfaatkan dalam bentuk diskusi kelompok. Tanya, dengar dan tunjuk (guide) lebih berharga dari pada berbicara.
8.Janganlah menyindir atau mencemooh jawaban atau pendapat peserta. Bersikaplah lebih bijak agar peserta merasa diterima dan dihargai untuk secara bebas memberikan pendapat atau pengalaman secara lebih meyakinkan tanpa merasa “down”.
9.Jika anda tidak dapat memberikan jawaban peserta secara memuaskan, tanyakan jawaban pada peserta lain sebab anda fasilitator bukan sumber pengatahuan.
10.Bersikaplah dinamis dan penuh energy, berjalanlah sekeliling ruangan untuk memberikan aura positif bagi semangat belajar para peserta. Tidak boleh duduk pada satu tempat selama pelatihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar