Kamis, 08 Juni 2023

Puskopdit Flores Mandiri Ende Melaksanakan RAT Tahun Buku 2022

Oleh Kosmas Lawa Bagho

Kabid. Pendampingan Puskopdit Flores Mandiri


Apresiasi Penulis

Bukan suatu rutinitas melainkan suatu urgensitas apabila setiap akhit tahun buku, Puskopdit Flores Mandiri Ende melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai media utama demokrasi sesuai UU Nomor 25 Tahun 1992 dan berbagai Peraturan Mentri agar pengurus dan pengawas melaporkan dan mempertanggungatkan apa yang telah mereka laksanakan selama satu tahun buku yakni 01 Januari - 31 Desember 2022. Forum ini bisa menerima atau menolak laporan pertanggungjawaban pengurus dan laporan pengawas.

 

Tahun 2023 pada tanggal 09-10 Juni, Puskopdit Flores Mandiri melaksanakan Rapat Anggota Tahunan usai semua primer melaksanakan RAT-nya masing-masing dengan sukses dibarengi berbagai catatan perubahan, perbaikan agar lembaga pemberdayaan akar rumput bisa berkembang lebih pesat sesuai perubahan dan perkembangan usaha keuangan serta bisnis terkini. Koperasi Kredit dan Puskopdit tidak boleh terlambat melakukan berbagai perubahan agar tidak ditinggalkan anggota mereka jika merasa tidak dibutuhkan lagi.

Sejak sore ini pukul 17.00 wita, Puskopdit akan melakukan acara pembuka RAT yang akan dihadiri Bupati Ende, Bapak Djafar Achmad, Ketua Induk Koperasi Kredit (INKOPDIT), para utusan primer (Ketua Pengurus dan Manajer 37 Primer), pengurus, pengawas dan penasihat Puskopdit Flores Mandiri, Manajer dan staf Puskopdit Flores Mandiri dimeriahkan Clarita Choir serta 30 orang lebih para calon karyawan Kopdit dan Puskopdit Flores Mandiri yang sedang mengikuti OJT (On Job Training) selama 60 hari di Hotel Flores Mandiri. Acara RAT kali ini dianggap spesial karena ada proses pemilihan pengurus dan pengawas masa jabatan 2023-RAT TB 2025 lantaran masa jabatan pengurus dan pengawas 2020-RAT TB 2022 berakhir. Panitia Nominasi (Panom) telah bekerja dan memproses para kandidat selama satu tahun.

Usai RAT akan dilanjutkan beritanya. Kali ini untuk merangsang pembaca tentang perjalanan RAT Puskopdit kali ini, penulis menurunkan kata pengantar sebagai bumbu pembuka. Semoga berkenan. Selamat menikmati.

 Kata Pengantar

Syukur dan pujian berlimpah kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas kelimpahan berkat dan perlindungan-Nya selama dinamika perjalanan Tahun Buku 2022 sehingga kita bisa melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022 tanggal 09-10 Juni 2023 walau masih didera dampak pandemi Covid-19 dan cuaca ekstrim yang  menyebabkan kesulitan ekonomi secara makro maupun mikro terus meningkat.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) kali ini mengusung tema Memperkokoh Komitmen Aksi: ”Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Menerapkan Standar Kedisiplinan dan Kepatuhan”.

R. Herry Prasetyo dalam bukunya “Smart Plus” (2006:127-133) mendefinisikan kedisiplinan dalam empat anak tangga yang harus didaki jika organisasi bisnis (koperasi kredit) meraih kesuksesan besar. Tangga pertama, disiplin atau efisiensi kata. Untuk mencapai sukses, kita harus cerdas mengeluarkan pendapat, menata kalimat dan melontarkan setiap kata dalam situasi yang tepat. Tangga kedua, disiplin atau efisiensi waktu. Kita harus cerdas mengelola waktu sehingga bermanfaat dan menghasilkan. Tangga ketiga, disiplin atau efisiensi dalam berpikir. Arahkan pikiran kita hanya untuk hal-hal yang mendukung kesuksesan. Tangga keempat, disiplin atau efisiensi tindakan. Kemampuan kita mengolah kata, waktu dan pola berpikir merupakan cerminan kita dalam keberhasilan mengolah tindakan agar organisasi (koperasi kredit) kita sukses dan produktif. Kepatuhan menurut beberapa referensi dapat dirumuskan dalam pernyataan singkat dan padat “Melakukan apa yang dibicarakan dan bicarakan apa yang dilakukan”. Tidak sebaliknya, “omong lain buat lain”.

Tema “Menerapkan Standar Kedisiplinan dan Kepatuhan” pada RAT kita kali ini terasa sungguh spesial lantaran kita baru saja melewati tahun emas pergerakan pemberdayaan tahun buku 2022 kemarin dan berakhirnya kepengurusan masa jabatan 2020-RAT Tahun Buku 2022 serta menyambut kepengurusan baru masa jabatan 2023-RAT Tahun Buku 2025. Dalam suasana kegembiraan emas pelayanan dan penyambutan kepengurusan baru, masih ada sebagian koperasi kredit kita yang mengalami peningkatan prosentase potensi kelalaian pinjaman (PAR atau A1), penurunan perputaran modal kepada anggota (E1), penurunan prosentase likuiditas (L1), belum memadainya pengembangan sektor riil anggota serta paling dirasakan penerapan “kedisiplinan” dan “kepatuhan” kerja fungsionaris (manajemen) dan anggota koperasi kredit kita belum optimal sesuai harapan. Dengan demikian penerapan tahun “kedisiplinan” dan “kepatuhan” untuk meningkatkan produktivitas lembaga koperasi kredit kita memang patut dilakukan secara terus-menerus apalagi  menghadapi resesi ekonomi makro akibat pandemi Covid-19 yang masih kita rasakan hingga RAK saat ini. 

Oleh karena itu, tema RAT kita kali ini sekali lagi mengajak kita untuk menata ulang keseluruhan tata kelola organisasi koperasi kredit kita masing-masing dalam kolaborasi positif dengan Puskopdit Flores Mandiri memperkokoh komitmen aksi menerapkan kedisiplinan dan kepatuhan dalam karya nyata secara konsisten agar melahirkan organisasi koperasi kredit yang profesional, sehat, aman, berkelanjutan dan jauh dari “fraud” sehingga semua anggota menikmati kesejahteraan secara bermartabat.  Dengan demikian emas pelayanan lembaga kita tahun kemarin sebagai fundasi kuat generasi masa depan tidaklah menjadi sia-sia.

Kami menyampaikan terima kasih berlimpah atas partisipasi, dukungan dan kebersamaan kita selama satu tahun kalender kerja 2022 terutama selama masa jabatan kepengurusan kami 2020-RAT Tahun Buku 2022.   Kami menyadari keterbatasan sebagai manusia maka kami memohon maaf untuk segala kekilafan dan kekeliruan kami yang telah terjadi. Benahi yang masih tercecer dan terus melangkah maju bersama kepengurusan yang baru. Tahun 2023 merupakan tahun penerapan kedisiplinan dan kepatuhan dalam rangka meningkatkan produktivitas primer dan puskopdit yang kita cintai bersama.

Selamat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2022 dan semoga sukses sesuai harapan kita semua. Sekian dan terima kasih.

 

Ende, 09 Juni  2023

Kristoforus Aja, SH: Ketua

Philipus Lusi, A.Md: Sekretaris 1

                              

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar