Minggu, 30 Juni 2013

Empat Pilar Koperasi Kredit sebagai Bahan Lomba Pidato Anak-Anak Kopdit


Empat Pilar Koperasi Kredit

 (Inilah materi lomba pidato anak-anak insan kopdit/CIU mulai dari tingkat SD sampai SLTA. Puskopdit Flores Mandiri menggalakkan kaderisasi dan regenerasi koperasi kredit dengan melakukan pertemuan anak-anak mulai tingkat SD-SLTP dengan berbagai kegaitan lomba kreativitas serta pengatahuan koperasi kredit. Ini hanya materi acuan sementara anak-anak berbicara bebas (pidato) tanpa teks dengan bahasa sendiri yang penting intinya tetap sama).  


Bapak/Ibu Pembimbing dan Dewan Juri  yang saya hormati,
Teman-teman peserta yang saya banggakan…

Puji syukur kepada Tuhan bahwa kita masih berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Izinkan saya menyampaikan pidato dengan judul Empat Pilar Koperasi Kredit.

Yang dimaksudkan dengan Empat Pilar Koperasi Kredit adalah pendidikan, swadaya, solidaritas dan inovasi.

Yang pertama: Pilar Pendidikan
Kita semua tahu bahwa pendidikan menjadi pilar penting bagi pertumbuhan dan keberlanjutan koperasi kredit. Pendidikan membangun insan koperasi kredit untuk sadar berkoperasi kredit menuju kehidupan anggota  yang sejahtera dan bermartabat.

Siapa yang menjadi anggota koperasi kredit hanya masuk melalui pintu pendidikan. Sebab pendidikan membuat kita cerdas mengelola keuangan dan bebas dari pola hidup boros. Orang bijak katakan “Koperasi kredit dimulai dari pendidikan, berkembang karena pendidikan dan dikontrol oleh pendidikan.

Yang kedua: Pilar Swadaya
Swadaya berarti membangun kekuatan sendiri. Melalui pilar swadaya ini, kita merasa percaya diri untuk melakukan sesuatu demi masa depan yang cerah dan bahagia. Bapak Raiffesien bilang “hanya orang miskin yang dapat mengatasi kesulitannya sendiri” dengan cara menabung dari apa yang ada pada orang miskin, dipinjamkan kepada orang miskin untuk pengembangan ekonomi rumah tangganya.

Koperasi kredit sejak awal terbentuknya tetap konsisten pada unsur swadaya ini. Tanpa swadaya, koperasi kredit tidak akan berkembang dan kita sebagai anggota tidak akan sejahtera.

Yang ketiga: Pilar Solidaritas
Kau susah aku bantu, Aku susah kau bantu” itulah solidaritas koperasi kredit. Tanpa semangat ini, koperasi kredit tidak akan bergerak maju seperti kendaraan yang sedang mogok di jalan. Untuk itu, kita sebagai generasi penerus koperasi kredit, tidak boleh lupa semangat solidaritas, tenggang rasa dan saling tolong menolong.

Semangat solidaritas itu juga nampak dalam kegiatan: simpan teratur, pinjam bijaksana dan angsur tepat waktu.

Yang keempat: Pilar Inovasi
Inovasi dalam koperasi kredit berupa penggunaan teknologi komputerisasi dalam pelayanan. Juga variasi produk simpanan dan pinjaman sesuai kebutuhan anggota. Berbagai inovasi tersebut membuat koperasi kredit kita berkelanjutan.

Akhirnya, bagi saya dan teman-teman sekalian, empat pilar ini sebagai darah dan daging koperasi kredit kita. Untuk itu mari kita jaga dan lestarikan sampai hayat dikandung badan. Jangan lupa menyisihkan uang jajan, untuk mulai menabung di koperasi kredit.

Sekian dan terima kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar