Jumat, 09 Desember 2011

Puskopdit Manggarai Raya Studi Banding di Ende

Oleh Frans Obon

(Flores Pos, 12 November 2011). Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Manggarai Raya melakukan studi banding ke koperasi-koperasi kredit dibawah Puskopdit Flores Mandiri, selama dua hari, Jumat dan Sabtu (11-12/11) untuk memperkuat gerakan koperasi kredit di tiga kabupaten di Manggarai.

Manajer Puskopdit Manggarai Raya, Inocentius Peni di sela-sela kunjungan ke Kopdit Serviam di Jln Eltari, Jumat (11/11) mengatakan, kunjungan ke Ende dan Boawae ini bertujuan untuk mengetahui mengapa gerakan koperasi kredit di bawah Puskopdit Flores Mandiri begitu maju baik dari segi anggota maupun pertumbuhan kekayaannya.

“Kita ingin mengetahui strategi pengembangan anggota, pertumbuhan asset dan pengelolaan koperasi kredit,” kata Ino. Menurut Ino, gerakan koperasi kredit di Manggarai ingin belajar dari gerakan koperasi kredit di bawah Puskopdit Flores Mandiri terutama mengenai strategi pengembangan anggota, asset dan manajemen. “Tiga hal ini yang mau dipelajari,” katanya.

Selama di Ende, kata Ino, mereka berdiskusi dengan Manajer Puskopdit Flores Mandiri, mengunjungi Kopdit Bahtera dan Kopdit Serviam. Sabtu (12/11) mereka akan mengunjungi Kopdit Boawae. Jumat (11/11) malam mereka akan merumuskan kembali hal-hal yang menjadi komitmen mereka ketika kembali ke Manggarai.

Soal nama Puskopdit Manggarai Raya, Ino mengatakan, pada awalnya nama Puskopdit adalah Puskopdit Manggarai. Tapi setelah Manggarai dibagi menjadi tiga kabupaten, dua kabupaten mekaran menuntut supaya mereka diakomodasi dalam nama Puskopdit sehingga namanya diubah menjadi Puskopdit Manggarai Raya.

Dalam dialog dan sharing pengalaman di Kopdit Serviam, Bendahara Kopdit Serviam Paskalis X. Hurint dan Magdalena Bhiju Boro dari Badan Pengawas Kopdit Serviam memberikan penjelasan soal strategi pengembangan koperasi kredit. Mulai dari soal manajemen, kepemimpinan, pendidikan, studi banding dan perekrutan anggota serta bagaimana menghadapi persaingan antar koperasi.

Dikatakan, kunci utama keberhasilan dalam gerakan koperasi kredit adalah adanya pemisahan pengurus dan manajemen, pembagian tugas yang jelas, kepemimpinan kolegial dan moralitas seperti kejujuran, komitmen dan kerja keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar