Kamis, 03 Desember 2009

Mengapa Angka 15 ???

(Kata Sambutan Ketua Kopdit Serviam untuk dimuat pada
Buku Bunga Rampai yang telah dilaunching di Ende, 19 Maret 2010)

Oleh Kosmas Lawa Bagho

Tentu menjadi pertanyaan banyak orang dan terutama kita sebagai anggota ataupun fungsionaris Koperasi Kredit Serviam bahwa mengapa kita rayakan 15 tahun koperasi kredit kita berkiprah di Kabupaten Ende pada tahun 2010? Apabila kita merujuk pada tahun pembentukan 09 Januari 1993 berarti sudah memasuki usia 17 tahun.

Inilah keunikan Koperasi Kredit Serviam yang sejak awal terus melakukan terobosan meski belum berkembang besar sesuai harapan kita semua. Angka 15, kita tarik dari tahun 2008. Tahun 2008 merupakan garis demarkasi kita menyatakan pengelolaan dilakukan secara profesional. Tahun ini juga Kopdit kita memenuhi target anggota 1000 lebih dengan kekayaan di atas 1 Milliar yang tahun-tahun sebelumnya untuk mencapai hal itu terasa tidak mudah dan mungkin hanyalah sebuah mimpi yang tak terwujudkan.

Syukur kepada Tuhan bahwa tahun ini bagaikan tahun rahmat lantaran kita juga secara swadaya membeli gedung pelayanan sendiri yang berluas 552 m2 di Jalan Eltari serta mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Ende sebagai Koperasi Kredit Terbaik Kabupaten Ende. Hingga per November 2009, anggota kita mencapai 1.457 orang dan kekayaan (asset) Rp. 5,4 M lebih.

Oleh karena itu, tidaklah berlebihan bahwa pada tahun 2008 menjadi titik start kita merayakan berbagai keberhasilan kecil, merefleksi diri dan memberi makna tersendiri sebagai bekal berharga untuk menumbuhkembangkan Kopdit Serviam semakin JAYA dan ANGGOTA SEMAKIN SEJAHTERA ...!

ASSET KEBANGGAAN
Sadar atau tidak bahwa Koperasi Kredit Serviam merupakan juga anak kandung sebagai asset kebanggaan ibu pertiwi Kabupaten Ende yang berjuang bersama komponen masyarakat lain di daerah ini untuk mengurai benang kusut kemiskinan yang melilit sebagian besar masyarakat.

Kemiskinan masyarakat Kabupaten Ende bukan karena mereka tidak mempunyai ‘apa-apa’ untuk memenuhi kebutuhan dasariah namun lebih dikarenakan oleh kemiskinan cara berpikir (mindset) yang hanya menghabiskan tanpa suatu upaya yang serius dan sungguh-sungguh untuk menghemat dari berbagai pendapatannya dengan cara menabung.

Pada titik kritis inilah, Koperasi Kredit Serviam coba tampil untuk mengambil bagian dalam proses perubahan cara berpikir untuk keluar dari berbagai himpitan kemiskinan dan kemelaratan.

Bukan sesuatu yang luar biasa kontribusi yang diberikan Koperasi Kredit Serviam bagi masyarakat Kabupaten Ende namun hal yang biasa apabila dilakukan secara luar biasa akan memberikan dampak yang luar biasa juga.

TIDAK BERHENTI DISINI
Sesuatu yang baik patut dilanggengkan dan ditingkatkan kualitasnya. Para aktivis dan seluruh anggota Koperasi Kredit Serviam tidak boleh berpuas diri dan berhenti pada zona aman. Sebab 95% manusia di muka bumi ini selalu tergoda untuk berada pada zona aman dan tertidur. Mereka mulai malas untuk bergerak lebih maju. Mereka malas melakukan perubahan.

Padahal siapa yang tidak melakukan perubahan pasti akan terpuruk. Diharapkan kita tetap menjadi manusia yang 5% untuk terus menerobos hutan belantara persaingan agar menjadi salah satu lembaga pelayanan keuangan yang dapat dipercaya dengan ‘branding-designed’ yang tidak mudah dilupakan anggota dan masyarakat.

Kita merasa perlu untuk terus memperbaiki diri dan berubah, selalu ada cara dan sistem kerja yang lebih profesional, mekanisme dan prosudur yang lebih cepat serta produk-produk yang lebih bermutu. Hendaknya perubahan dan perkembangan organisasi kita bagaikan ‘never ending story’: sebuah cerita melodrama yang tak pernah selesai’.

S e m o g a!


1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus