Oleh Romo Petrus Juli, Pr & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Universitas Negeri Malang
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Perusahaan atau
lembaga bisnis, mau tidak mau, suka tidak suka apabila ingin menjadi ‘leader’ di tengah kompetisi pasar yang
makin ketat makan mutlak perlu memahami penulisan laporan dan proposal
bisnisnya secara baik, benar dan produktif. Artinya, pemahaman dan
pengimplementasi penulisan laporan dan proposal bisnis yang baik dan benar serta
produktif menggambarakan image atau bonafiditas lembaga bisnis atau
perusahaan yang dapat dipercaya.
Pemahaman
akan proses penulisan laporan dan proposal yang baik, benar dan menghasilkan
sejak konsep, tujuan dan manfaat, jenis/ragam, persiapan, perencanaan dan
pengorganisasian serta membedakan panjang pendeknya menjadi kompetensi dasar
bagi semua komponen (manajemen) di dalam perusahaan atau lembaga bisnis baik
dari level bawah hingga level puncak agar perusahaan dapat berjalan secara
dinamis dan efisien serta efektif sesuai perkembangan usaha terkini terutama
dalam menghadapi MEA 2015.
3.2
Saran
3.2.1
Bagi Mahasiswa Magister Manajemen
Proses
penulisan laporan dan proposal bisnis yang lengkap dan utuh hendaknya
memberikan tambahan wawasan serta keterampilan bagi para mahasiswa magister
manajemen untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan dengan mencontoh atau
mengimlementasikan apabila sudah melewati perkuliahan serta memberikan motivasi
tambahan untuk melakukan kajian (penelitian) teoretis yang diimbangi dengan
pengalaman praktis. Lembaga perguruan tinggi hendaknya memberikan kontribusi
nilai bagi proses penulisan laporan dan proposal bisnis bagi perusahaan atau
lembaga bisnis yang akan dimasuki maupun yang sekarang sedang digelutinya.
3.2.2
Bagi Praktisi Perusahaan atau Lembaga Bisnis
Melalui
pembahasan ini, para praktisi perusahaan atau lembaga bisnis memperoleh
tambahan keyakinan untuk mengimplementasikan proses penulisan laporan dan
proposan bisnisnya secara lebih berkualitas dan lebih memberikan daya dorong
bagi keberhasilan perushaannya baik dalam bentuk laba maupun pencitraan (brand image) positif di tengah kompetisi
pasar yang makin ketat terutama menyongsong MEA 2015.
Daftar
Rujukan
Ellen Guffey Mary, Rhodes Kathleen, Rogin Patricia.
2006. Komunikasi Bisnis: Proses &
Produk (terjemahan Budi Setyo Ichsan). Jakarta, Salemba Empat.
Juli Petrus, 2012. “Proposal Program Dana Aksi
Puasa Pembangunan Nasional” arsip pribadi diakses tanggal 6 November 2014.
Kusumanegara
Angga. 2011. “Modul Proposal Usaha” Angga.kusumanegara@gmail.com diakses tanggal 5 November 2014.
Ninis
Sofi, (tanpa tahun). “Makalah Tentang Proposal”
http://sophysofisme.blogspot.com/2013/07/makalah-tentang-proposal.html diakses tanggal 6 November 2014
Purwanto
Djoko. (1999). Komunikasi Bisnis.
Jakarta: Erlangga.
Catatan: Ada sumber yang lupa dimasukkan, kami mohon maaf.
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar