Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Bab
III
Kesimpulan &
Saran Manajerial
2.1 Kesimpulan
Komunikasi
bisnis memiliki pengertian yang bermacam-macam. Namun semuanya memiliki benang
merah yakni proses informasi yang dilakukan di dalam perusahaan saling
bergantung dan menyangkut komunikasi di antara anggota. Oleh karena itu
efektivitas komunikasi memainkan peran penting dalam menentukan apakah ada
keuntungan atau kerugian pada proses komunikasi. Efektivitas komunikasi
berpengaruh pada kinerja perusahaan.
Komunikasi
bisnis itu sendiri memiliki tujuan dan peran yang strategis bagi peningkatan
kinerja dan produktivitas organisasi atau perusahaan. Walau pun demikian dalam
proses komunikasi selalu saja ada hambatan ssehingga komunikasi menjadi tidak
efektif. Untuk itu, manusia sebagai peran utama mesti berusaha mengatasi
hambatan menjadi peluang dan memberikan manfaat bagi perusahaan dalam
menciptakan laba dan produktivitasnya.
Berbagai
penelitian yang dituangkan dalam teori-teori menunjukkan bahwa komunikasi
bisnis yang efektif berpengaruh signikan atau positif terhadap kinerja
organisasi. Semakin efektif, komunikasi yang dilakukan maka semakin tinggi
tingkat kinerja perusahaan.
2.2 Saran Manajerial
Untuk akademisi Magister Manajemen,
tulisan tentang komunikasi bisnis yang efektif dalam meningkatkan kinerja
organisasi bisa menjadi salah satu tema sentral untuk dijadikan tulisan tesis
serta memiliki tambahan pengatahuan, wawasan dan ketrampilan untuk bisa
diterapkan di dalam medan bhakti setelah masa perkuliahan di Universitas Negeri
Malang.
Untuk
para praktisi, penulisan komunikasi bisnis yang efektif dalam meningkatkan
kinerja perusahaan diharapkan menjadi tambahan referensi agar bisa
melaksanakannya secara konsisten agar perusahaan yang dipimpinnya lebih
berkualitas, produktif dan memberikan profit yang menguntungkan.
Daftar
Rujukan
Lubis Wardy Fatma (2008)
“Peranan Komunikasi dalam Organisasi” didownload tanggal 25 November 2014.
Noermijati. 2013. Kajian tentang Aktualisasi Teori Herzberg,
Kepuasan Kerja dan Kinerja Spiritual Manajer Operasional. Malang, UB Press.
Prasakti Ferdiana (2010)
“Efektivitas Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Divisi SITAC PT Indosat Tbk.
Regio Jawa Tengah & DIY” didownload tanggal 25 November 2015
Purwanto Djoko. (1997). Komunikasi
Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Rivai Veithzal dan Sagala Jauvani Ella. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta, PT.
RajaGrafindo Persada.
Wibowo. 2013. Perilaku dalam
Organisasi. Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.
Widiastuti Harjanti (tanpa tahun)
“Peran Komunikasi Organisasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan di Hotel Inna
Garuda Yogyakarta: Studi Hubungan antara Peran Komunikasi Organisasi Terhadap
Semangat Kerja Karyawan di Hotel Inna Garuda Yogyakarta” diakses tanggal 25
November 2015.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar