Oleh Petrus Juli, Yoan Santosa Putra & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Bab
III
Kesimpulan &
Saran
3.1.
Kesimpulan
Negosiasi
bisnis memiliki pengertian, tujuan dan manfaat demi mencapai kesepakatan serta
meningkatkan laba perusahaan. Ada aneka defenisi, tujuan dan manfaat namun
semuanya memiliki benang merah yang sama yakni kesepakatan dan pencapaian hasil
atau laba yang lebih optimal.
Untuk
mencapai negosiasi yang optimal membutuhkan proses, sikap, perilaku,
keterampilan serta taktik dan teknik para negosiator dalam bernegosiasi. Proses
dan tahapan itu menjadi titik penting bagi seorang negosiator sebelum, selama
dan akhir negosiasi atau pun lobi. Negosiasi dengan pola “win-win solution’ menjadi brand image bagi negosiasi bisnis.
Kendati
pun, negosiasi memiliki tujuan dan manfaat yang mulia namun kadang memiliki
hambatan. Untuk itu, perlu kecerdasan para negosiator membekali diri dengan
wawasan, pengatahuan serta ketrampilan agar bisa mencari jalan keluar atau
solusi dari hambatan-hambatan yang dialami.
3.2 Saran
Bagi akademisi, dengan tambahan
wawasan dan pengatahuan melalui penulisan makalah ini diharapkan sudah siap
melaksanakan negosiasi yang menganut pola ‘win-win
solution’ agar terhindarlah berbagai konflik atau pertentangan dalam
perusahaan.
Bagi para manajer atau praktisi
perusahaan diharapkan semakin terampil dalam melakukan negosiasi yang
menguntukan semua pihak tanpa merugikan perusahaannya.
***
Daftar
Rujukan
Gibson., et al. (2012) dalam
Wibowo. (2013). Perilaku Dalam Organisasi.
Jakarta: PT RajaGravindo Persada.
Ludlow Ron & Fergus Panton (2000) dalam Irsan Ongneil “Pendahuluan” www.irsanedition.blogspot.com diakses 21 November
2014
Pierre Casse dalam Lukaman (tanpa
tahun) “Negosiasi dan Gaya-Gaya Kerja”, www.lukmancoroners.blogspot.com diakses 21 November
2014
Purwanto Djoko. (2006). Komunikasi
Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Sujana Asep. (2004) Retail
Negotiator Guidance dalam Irsan Ongneil “Pendahuluan” www.irsanedition.blogspot.com diakses 21 November
2014
Wibowo. (2013). Perilaku Dalam
Organisasi. Jakarta: PT RajaGravindo Persada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar