Oleh Dwi Putra Syakur Rahardjo & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang
3.1 Kesimpulan
Konsep strategi sangat
bervariasi. Namun semuanya mengarah pada bagaimana menggunakan strategi oleh
perusahaan atau organisasi untuk meraih keuntungan. Term
atau peristilahan strategi berasal dari kata bahasa Yunani “stratego’s yang
artinya jendral. Stratego’s merupakan perpaduan dua kata yaitu “strato’s” =
tentara dan “igo” = melakukan atau bertindak. Peristilahan dimaksud secara
hurufiah dapat dikatakan sebagai ‘seni berperang para jendral yang memimpin
suatu peperangan’. Bisnis merupakan medan pertempuran. Oleh karena itu, dapat
dikatakan bahwa strategi adalah pola-pola terperinci menyangkut komitmen dan
tindakan yang dirancang untuk menggali kompetensi inti serta untuk mendapatkan
keunggulan bersaing.
Alasan mengapa perusahaan
(organisasi) menggunakan manajemen strategik menurut Ali Rokhman, 2008 adalah
(1) alokasi sumber daya yang selalu terbatas dibandingkan dengan tujugan yang
hendak dicapai, (2) memadukan nilai dan tujuan bahkan ambisi masing-masing
individu sehingga selaras dengan tujuan dan nilai organisasi, (3) identifikasi
risiko yang mungkin terjadi, tingkat pertumbuhan yang masuk akal dan kondisi
persaingan, (4) penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang perusahaan
(organisasi) dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan dimaksud, (5) upaya
untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan (organisasi) dibandingkan
dengan peluang dan tantangan dalam lingkungan yang dihadapi, (6) penciptaan
hubungan yang baik antara seluruh tingkatan dan kelompok manajemen dalam
organisasi (perusahaan).
Manfaat manajemen strategik dalam
perusahaan (organisasi) secara transparan diungkapkan oleh Sipriyono, 1993
dalam Ali Rokhman, 2008 adalah (1) strategi merupakan cara untuk mengantisipasi
masalah dan kesempatan masa depan yang berubah dengan cepat, (2) membekali
pegawai tentang tujuan dan arah masa depan organisasi, (3) memudahkan tugas
eksekutif organisasi (perusahaan), (4) kacamata untuk memantau apa yang terjadi
dalam perusahaan atau organisasi dan (5) berdasarkan hasil penelitian;
perusahaan atau organisasi yang menyusun strategi menjadi lebih efektif dan
efisien dalam mencapai tujuan atau meraih hasilnya.
Menyongsong MEA 2015 dan era
globalisasi perlu melakukan stategi-strategi persaingan global dengan lini yang
luas, fokus global, fokus nasional dan ceruk yang terlindung sementara menurut
Hitt, at el., 1997 dalam Rina
Surjani, 2003 menemukan strategi analisis lngkungan eksternal, analisis
lingkungan internal, strategi tingkat bisnis, tingkat perusahaan, akuisisi dan
restrukturisasi, internasional dan kepemimpinan strategis.
Manajemen Stretegis merupakan proses
dengan sejumlah tahapan salain berkaitan dan berurutan. Tahapan atau proses
manajemen strategis menurut Pearce dan Robinson (2003), et al., dalam Roup Purohim, 2012 dengan tahapan analisis situasi,
formulasi strategi, implementasi dan evaluasi kinerja. Analisis situasi atau
lingkungan merupakan pendeteksian dan evaluasi organisasi (perusahaan) pada
lingkungan eksternal dan internal. Formulasi strategi adalah desain dan pilihan
strategi yang sesuai pada setiap level bisnis sedangkan implementasi strategi
merupakan proses melaksanakan strategi yang telah diformulasikan dan evaluasi
strategi merupakan proses evaluasi implementasi srtategi dan sejauh mana
mempengaruhi kinerja untuk meraih keuntungan atau pencapaian tujuan.
Tantangan manajemen strategis
seperti: kompetensi dan kemampuan SDM dalam merumuskan strategik yang tidak memadai dan terburu-buru, ada 44,367
perusahaan bangkrut dan masih banyak perusahaan AS yang bermasalah, sukses
merupakan kinerja yang sementara dan tidak permanen (contoh, IBM dinobatkan
sebagai perusahaan terbaik versi Fortune tahun 1986, pada tahun 1995 anjlok ke
urutan yang ke-281), perekonomian global sedang berubah dengan cepat dan
dinamis (orang, barang, jasa dan ide bergerak bebas melampaui batas-batas
geografis, peluang baru muncul di pasar global, pasar dan industri semakin go international) dan sumber-sumber
tradisional keunggulan bersaing tidak lagi menjamin sukses (kunci sukses baru
adalah fleksibilitas, inovasi, kecepatan dan integrasi).
Cara mengatasi yang ditawarkan
adalah meningkatkan kemampuan dan kompetensi perusahaan (organisasi) dalam
mencegah masalah; melakukan analisis strategik yang lebih detail dan kapabel
agar bisa mengambil alternatif terbaik; melibatkannya karyawan dalam formulasi
strategi yang dapat meningkatkan motivasi dalam meraih tujuan serta menghindari
berbagai penolakan terhadap perubahan yang terjadi.
Pembahasan manajemen strategis
internasional akan tergambar secara jelas dalam studi kasus perusahaan
“MCDONALD’S”.
3.
2 Saran
Bagi akademisi Magister Manajemen, penulisan
ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengatahuan dan pemahaman tentang
manajemen strategis internasional agar apabila setelah masa studi dapat
melakukan analisis manajemen strategis perusahaannya dalam memasuki pasar
internasional atau pun dapat menjadi landasan penelitian lanjutan tentang
manajemen strategis internasional.
Bagi praktisi Perusahaan atau Bisnis, penulisan
ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi para pengambil keputusan atau
kebijakan tetntang analisis manajemen strategis bagi
perusahaannya dalam memasuki pasar internasional yang penuh kompetisi.
***
Diposting Malang, 19 Mei 2015
DAFTAR
RUJUKAN
David Fred. 2007. Strategic Management: Concepts & Cases.
11th Edition, Prentice Hall.
Mehta Rajiv, at el.,
2006. Strategic allinance in international distribution channels. Journal of
Business Reasearch 59 (2006) 1094-1104.
Purohim Roup. 2012.
Manajemen Stratejik. Bogor, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan.
Rokhman Ali. 2008.
Pengantar Manajemen Strategik.
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/managemen_strategik/bab1_pengantar_manajemen_strategik.pdf
diakses tanggal 20 Maret 2015
Surjani Rina P.
2002. Manajemen Strategi Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Unitas,
September 2002 – Februari 2003, Vol 11 no. 1
Wina Sanjaya.2008 dalam Dedek. 2014. Pengertian pendekatan, strategi, metode,
teknik, taktik dan model pembelajaran. http://disdik.riau.go.id/berita-pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaran.html
diakses tanggal 19 Maret 2015.
Yuwie, 2013. Ilmu
Berperang Sun Tzu www.jurussun-tzu.blogspot.com/2013/06/seni-berperang_9.html diakses tanggal 20 Maret 2015.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar