Oleh Akhmad Sanhaji & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang
3.1 Kesimpulan
Konsep peluang
pasar adalah suatu bidang kebutuhan
pembeli yang memberikan peluang bagi perusahaan dapat beroperasi secara
menguntungkan. Peluang pasar juga suatu kesempatan bagi perusahaan untuk menyelidiki
dan memastikan melalui riset pemasaran yang kapabel untuk melihat seberapa
besar perusahaan dapat memasuki pasar internasional (peluang baru) entah
sebagai pemimpin pasar atau pengikut pasar yang dapat memberikan keuntungan
yang lebih optimal bagi penjualan produk barang dan jasa dari perusahaan.
Salah satu alat yang berguna bagi
identifikasi peluang pasar global adalah jaringan ekspansi produk/pasar yaitu product/market expansion grid. Product/market
expansion grid memiliki dua dimensi yakni produk dan pasar. Melalui
identifikasi ini memunculkan empat strategi pertumbuhan yakni penetrasi pasar,
pengembangan pasar, pengembangan produk dan diversifikasi.
Ada lima pola yang dapat dilakukan
untuk menetapkan pasar sasaran yakni (1) memusatkan pada segmen tunggal (2)
mengkhususkan diri pada keinginan pelanggan (3) mengkhususkan diri pada
kelompok konsumen (4) melayani beberapa segmen yang tidak berhubungan (5)
meliputi keseluruhan pasar. Penetapan
pasar sasaran melalui strategi penetapan
posisi (positioning) dan aliansi
perusahaan.
Alasan peluang atau keuntungan
perusahaan memasuki pasar global seperti sumberdaya tambahan, biaya, perluasan
pasar, mengoptimalkan keuntungan, pajak, skala ekonomi, sinergi, kekuatan dan
prestise, melindungi pasar domestik, tantangan perdagangan, pasaing
internasional, regulasi dan peraturan serta kesempatan.
Selain peluang, pasar global juga
memiliki tantangan atau kompleksitas seperti munculnya lebih banyak pesaing di
tingkat dunia, munculnya rival-rival yang saling berkompetisi, terjadinya
interdependensi antar Negara dan semakin tingginya volume perdagangan
internasional yang dapat terjadi gesekan antar pemerintah masing-masing Negara
yang terlibat di pasar internasional.
Cara alternatif untuk mengatasi
tantangan atau kompleksitas peluang pasar global adalah: kemampuan financial, kehandalan SDM, kemampuan
memanfaatkan teknologi, kepemilikan jejaring bisnis dan penguasaan informasi, pola
kepemimpinan yang handal dan penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Gavernance (GCG) sebagai salah satu sarana untuk
mengembangkan pola manajemen yang berkualitas dan dapat disejajarkan dengan
perusahaan mana pun di dunia.
3.
2 Saran
Bagi akademisi Magister Manajemen, penulisan
ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengatahuan dan pemahaman tentang
analisis peluang pasar global agar apabila setelah masa studi dapat melakukan
analisis peluang pasar perusahaannya dalam memasuki pasar global atau pun dapat
menjadi landasan penelitian lanjutan tentang analisis pasar global.
Bagi praktisi Perusahaan atau Bisnis, penulisan
ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi para pengambil keputusan atau
kebijakan tetntang analisis peluang pasar bagi
perusahaannya dalam memasuki pasar global.
***
DAFTAR
RUJUKAN
Ardiyanto Y. (tanpa
tahun). “Analisis Peluang Pasar Global”
http://e-journal.uajy.ac.id/1736/3/2EM16009.pdf
diakses tanggal 13 Maret 2015.
Ball A. Donald, et
al., 2007. Bisnis Internasional:
Tantangan Persaingan Global, terjemahan Chriswan Sungkono. Jakarta, Salemba
Empat.
Ernawati. (tanpa
tahun). “Analisis Peluang & Tantangan Indonesia Dalam Meningkatkan
Ekspor Makanan Olahan: Studi Kasus Nagara Tujuan Ekspor Vietnam” Dosen Fakultas
Ekonomi Wijaya Kusuma Surabaya.
Kotler Philip & Amstrong Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, terjemahan
Bob Sabran. Jakarta, Penerbit Erlangga.
Lawa Bagho Kosmas & Dwi Putra Syakur Raharjo.
2015. “Lingkungan Global: Pertimbangan Stratejik bagi Perusahaan Multinasional”
(manuskrip), Univeristas Negeri Malang, Prodi Magister Manajemen.
Pearce & Robinson. 1997. Manajemen Strategis, Edisi 10. Jakarta, Salemba Empat.
Rakhmadsyah. 2014. “Analisis Word Class Company”.
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/40604/4/Chapter%20II.pdf
diakses 13 Maret 2015.
Utama Agung. 2003. “Upaya
Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perusahaan Dalam Era Persaingan Global
Melalui Aliansi Strategis”. Kajian Bisnis No.30 September-Desember, 57-73
Tidak ada komentar:
Posting Komentar