Oleh Kosmas Lawa Bagho & Akhmad Sanhaji
Catatan:
Makalah ini dibuat bersama Akhmad Sanhaji dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Mahasiswa S2 Manajemen Universitas Negeri Malang. Materi makalah ini kami ramu dari buku tentang komunikasi serta search pada mbah google. Bagi para sahabat yang tulisan kami kutif dan lupa dibuat catatan kaki (rujukan), mohon dimaafkan. Tulisan makalah perdana, saya posting di blog untuk mendapatkan catatan kritis atau masukan berharga agar kerja intelektual kami selanjutnya lebih bermutu dan jujur dalam mencantumkan berbagai rujukan yang kami ambil. Memang sejujurnya, kami memberikan daftar rujukan namun terkadang kami lupa baik tidak disengaja maupun disengaja. Terima kasih. Selamat menikmati!
Selasa, 14 Oktober 2014
Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Komunikasi Bisnis 1
Bab
I
Pendahuluan
1.1
Latar
Belakang
Perusahaan
yang bergerak dalam bidang bisnis bertumbuh dan berkembang sangat dinamis,
cepat dan tidak terkendali sesuai pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan serta
keinginan pelanggan atau konsumen. Dewasa ini,
penerapan teknologi informasi dan komunikasi dibutuhkan dalam dunia bisnis
sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Proses penggunaan internet, email, media massa, brosur sudah menjadi bagian
dari perusahaan modrn. Semua perusahaan (bisnis) memandang teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) sebagai kebutuhan yang tak terpisahkan dari perjuangan mengembangkan
perusahaan untuk mencapai laba atau produktivitas.
Persaingan yang sangat ketat dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan informasi
yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya untuk secara tepat dan cepat dalam mengambil keputusan baik yang menyangkut
kebijakan maupun tata operasional. Pengambilan keputusan yang cepat dan tepat melalui
informasi atau data yang dikumpulkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Peran
teknologi mempunyai kaitan yang erat dalam bidang informasi dan komunikasi. Sarana teknologi informasi yang banyak digunakan adalah
komputer. Teknologi
internet yang banyak mempermudah manusia dalam mencari sumber informasi dan
berkomunikasi dengan orang lain.
Melalui
sarana – sarana yang ada dalam internet kita dapat memperoleh informasi dengan
mudah, praktis dan cepat sehingga tidak membuang waktu. Peranan teknologi
informasi dalam bidang komunikasi sangatlah besar, karena dalam adanya
informasi yang mendukung, akan terciptalah komunikasi yang efektif dan dengan adanya kemajuan
dari kedua bidang tersebut maka akan majulah suatu pembangunan.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah yaitu:
1.2.1
Apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Tataran
Konsep?
1.2.2 Apa posisi
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis?
1.2.3 Apa peran Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis?
1.2.4 Apa dampak
positif, negatif serta jalan keluar Teknologi Informasi dan
Komunikasi
dalam Bisnis?
1.3
Tujuan
penulisan
Dengan adanya
penulisan makalah ini memberikan
gambaran mengenai Peran Teknologi Informasi dan komunikasi dalam Komunikasi
Bisnis. Makalah ini memfokuskan diri pada peran positif lantaran perkembangan
kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, hal-hal yang mengganggu serta
media-media teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan untuk peningkatan
kesejahteraan masyarakat.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar