Oleh Dwi Putra Syakur Raharjo & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang
2 Pertimbangan Sebelum Masuk Pasar Global
Sebelum perusahaan
memutuskan untuk memasuki pasar global, perusahaan menurut Pearce dan Robinson
(1997:151)
mengambil empat langkah berikut:
- Mengamati situasi global, pengamatan meliputi membaca jurnal dan laporan-laporan paten serta sumber-sumber bacaan lain.
- Membina hubungan dengan perguruan tinggi dan organisasi riset, perusahaan yang aktif dalam litbang mancanegara seringkali mempunyai proyek-proyek kerja bersama akademi-akademi asing dan adakalanya mengikat kesepakatan konsultasi dengan mereka
- Meningkatkan ketampakan global perusahaan, cara yang lazim adalah berperan serta dalam pameran-pameran dagang, mengedarkan brosur, dan sebagainya.
- Menyelenggarakan proyek riset kerjasama. Beberapa perusahaan melibatkan diri dalam proyek riset bersama dengan perusahaan asing untuk memperluas konteks mereka, mengurangi pengeluaran, mengurangi resiko di pihak masing-masing, atau mencegah pesaing ke pasar mereka.
3 Tahap-Tahap Memasuki Pasar
Global
Untuk memasuki pasar global bagi suatu perusahaan
ada beberapa tahap, yaitu seperti pendapat Keegan dalam Wahyudi (1996:148-149) sebagai berikut:
- Tahap Domestik
Pada tahap ini
perusahaan telah mengkonsentrasikan aktivitasnya hanya untuk memenuhi dan melayani pasar, berhubungan dengan pemasok dan
pesaing yang berada di dalam negeri. Orientasi mereka bersifat ethnosentrik
yaitu bahwa sifat pasar/konsumen dimanapun
akan sama. Perusahaan masih menganggap pasar domestik padat dengan peluang yang
jauh lebih aman, hal ini dimungkinkan pasar domestik belum dimasuki oleh
perusahaan asing.
- Tahap Internasional
Dengan makin ketatnya
persaingan dan pasar dalam negeri mulai jenuh, maka perusahan mulai melebarkan
aktivitas produksi barangnya di luar negera induk. Pandangan masih bersifat
ethnosentrik,
motivasi untuk terjun ke pasar internasional semata-mata melempar kelebihan
produksi.
- Tahap Multinasional
Perusahaan mulai
menanamkan investasi dan memproduksi barangnya di luar negeri dengan penerapan
strategi yang berbeda terhadap negara yang satu dengan negara yang lain, karena
perusahaan berasumsi bahwa setiap negara memiliki konsumen dan iklim bisnis
yang berbeda.
- Tahap Global
Pada tahap ini
perusahaan mulai melakukan salah satu strategi berikut yaitu strategi pemasaran
global atau strategi sumber daya global, namun bukan melakukan keduanya.
- Tahap Transnasional
Pada tahap ini
perusahaan mulai mendominasi pasar dan industri di seluruh penjuru dunia
(global) dengan memadukan antara sumber daya global dengan pasar global dengan
tujuan mencari keuntungan.
Diposting Malang, 31 Januari 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar