Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang
Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tugas manajemen sumber daya manusia lanjut tentang manajemen karier, kinerja dan retensi individual. Empat tulisan telah diturunkan atau diposting pada blog ini dan ini adalah tulisan terakhir dari serangkaian tulisan dimaksud.
1. Penanaman Nilai-Nilai
Penanaman nilai-nilai sebagai fondasi gerakan dan perjalanan koperasi kredit anggota Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Flores Mandiri adalah aset yang sangat mendasar agar seluruh aktivitas baik pengurus, pengawas, penasihat dan manajemen (manajer dan karyawan) memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan dan perkembangan lembaga pemberdayaan masyarakat akar rumput yang bergerak di bidang simpan-pinjam. Nilai-nilai umum seperti menolong diri sendiri (swadaya), bertanggungjawab secara pribadi, demokrasi, persamaan, keadilan, kesetiakawanan (solidaritas), kejujuran, keterbukaan, tanggungjawab sosial, peduli pada orang lain sementara nilai-nilai khusus seperti melayani dengan hati, antusias/bersemangat, siap, menghargai, ramah, sopan, bersih, sabar, cepat, tepat dalam keseluruhan pelayanan koperasi kredit anggota Puskopdit Flores Mandiri menjadi nilai-nilai fundamental yang diterapkan secara konsisten.