Rabu, 31 Desember 2014

Menggugat Makna Manajemen Dalam Teropong Filsafat

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Catatan:
Pertanyaan diajukan oleh Dosen Filsafat Manajemen Dr. H.H. Agung Winarno., M.M Universitas Negeri Malang dan jawaban oleh Kosmas Lawa Bagho, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang angkatan 2014/2015.



   1. Pada esensial dasarnya, manajemen sendiri selalu meragukan wujud sistem kerja praktik manajemen yang selama ini berlangsung (orang, barang/benda, sistem/metode dan waktu/energi) kemukakan bukti-bukti kongkritnya bahwa manajemen itu secara tidak langsung telah mempraktikkan apa yang diragukan sendiri dalam prinsipnya.

Read more...

Selasa, 23 Desember 2014

Kompensasi Bisnis 2

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



BAB II
PEMBAHASAN MELALUI PENJELASAN BAGAN
2.1. Produktivitas Person Karyawan
            Galbraith menulis, “Uang yang menggerakkan masyarakat industri. Namun, dalam masyarakat informasi, penggerak dan kekuatan utamanya adalah pengetahuan. Sekarang kita bisa melihat sebuah struktur golongan masyarakat baru yang dibedakan oleh mereka yang memiliki informasi dan mereka yang harus mundur karena kebodohannya. Golongan masyarakat baru ini mendapatkan kekuatan baru bukan dari uang, bukan dari tanah (perusahaan) tetapi dari pengatahuannya” (John Kennet Galbraith dalam Antony Robbins, 2014).
Read more...

Kompensasi Bisnis 1

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



BAB I
MANAJEMEN KOMPENSASI

1.1   Identifikasi Masalah Faktual
Manajemen kompensasi sudah menjadi kebutuhan prioritas perusahaan mana pun apalagi berhadapan dengan kompetisi yang makin ketat terutama menghadapi pasar bebas. Perusahaan atau organisasi bisnis atau pun organisasi sosial masyarakat mau tidak mau, suka tidak suka memperhatikan hal yang krusial demi keberhasilan dan keberlanjutan organisasi atau perusahaan. Sudah banyak penelitian yang menggarap dengan tema manajemen kompensasi.
Read more...

Soft Competency Karyawan 2

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



BAB II
PEMBAHASAN MELALUI PENJELASAN BAGAN
(maaf, bagan tak tertampilkan)
2.1 Achievement & Action
            Pelatihan Soft Competency dimaksudkan agar karyawan atau calon karyawan memiliki kemampuan selain ilmu pengatahuan dan skill tetapi juga kepribadian yang mumpuni agar menjadi karyawan yang produktif sehingga menciptakan produktivitas dan profitabilitas perusahaan atau lembaga bisnis. Achievement & action ini meliputi orientasi pencapaia (ach), konsern pada aturan (SOP, SOM) serta memiliki kualitas akurasi yang tinggi, memiliki inisiatif dan kreativitas dan selalu mencari informasi baru (curiosity).
Read more...

Soft Competency Karyawan 1

 Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



BAB I
SOFT COMPETENCY KARYAWAN

1.1  Identifikasi Masalah Faktual
Perusahaan atau lembaga bisnis apa pun saat ini sungguh membutuhkan soft competency karyawan dalam menciptakan prduktivitas dan profitabilitas perusahaannya. Soft competency mrupakan kompetensi yang berkaitan erat dengan kemampuan untuk mengelola proses pekerjaan, hubungan antar manusia, kepemimpinan serta membangun interaksi dengan orang lain. Contohnya adalah kepemimpinan, komunikasi dan hubungan interpersonal. 
Read more...

Komunikasi Efektif Meningkatkan Kinerja Organisasi 5

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



Bab III
Kesimpulan & Saran Manajerial

2.1 Kesimpulan
Komunikasi bisnis memiliki pengertian yang bermacam-macam. Namun semuanya memiliki benang merah yakni proses informasi yang dilakukan di dalam perusahaan saling bergantung dan menyangkut komunikasi di antara anggota. Oleh karena itu efektivitas komunikasi memainkan peran penting dalam menentukan apakah ada keuntungan atau kerugian pada proses komunikasi. Efektivitas komunikasi berpengaruh pada kinerja perusahaan. 
Read more...

Komunikasi Efektif Meningkatkan Kinerja Organisasi 4

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



2.4.  Peran atau Fungsi Komunikasi Bisnis yang Efektif
Ada banyak pakar yang memberikan pendapat tentang peran atau fungsi komunikasi bisnis agar perusahaannya mendapatkan profit dan semakin lebih produktif. Namun dalam penulisan ini, penulis mengutif pendapat Chester Bardner dalam www.aneahira.com yang diakses tanggal 27 November 2014. Bardner merumuskan empat (4) fungsi atau peran komunikasi bisnis yang efektif yakni pertama, komunikasi bisnis berperan sebagai pemberi informasi. Komunikasi yang memberikan informasi tentang bisnis misalnya produk, pelayanan dan harga dari perusahaan kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa atau pun produk. Informasi yang diberikan hendaknya tidak manipulatif, mengatakan apa adanya sesui objek yang benar-benar terjadi. 
Read more...

Komunikasi Efektif Meningkatkan Kinerja Organisasi 3

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



2.1    Tujuan  Komunikasi yang Efektif
Setiap kegiatan apa pun di dunia tentu memiliki tujuan  tertentu. Demikian juga denga komunikasi bisnis. Everet M Rogers (2003) dalam Prasakti (2010) menyatakan bahwa tujuan komunikasi bisnis yang efektif sebagai berikut:
Read more...

Komunikasi Efektif Meningkatkan Kinerja Organisasi 2

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



Bab II
Pembahasan

2.1    Komunikasi Bisnis dan Kinerja Organisasi sebagai Sebuah Konsep
Komunikasi bisnis atau lebih dikenal dengan komunikasi organisasi dan kinerja organisasi memiliki konsep dan pengertian yang beragam tergantung persepsi dan pemahaman setiap pakar dalam menyorotinya. Untuk memudahkan pemahaman tentang hal tersebut maka dalam penulisan makalah ini perlu diberikan pembatasan pengertian dan konsep yang menjadi titik start pembahasan lebih lanjut.
Read more...

Komunikasi Efektif Meningkatkan Kinerja Organisasi 1

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Malang



Bab I
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Komunikasi merupakan instrumen penting bagi manusia dalam berorganisasi untuk kesamaan pemahaman atas informasi yang disampaikan satu sama lain. Komunikasi adalah suatu pentransferan makna kepada orang lain dalam bentuk lambang-lambag, simbol atau bahasa tertentu sehingga orang yang menerima informasi memahami maksud dari informasi dimaksud. 
Read more...

Senin, 22 Desember 2014

Negosiasi Bisnis 6

Oleh Petrus Juli, Yoan Santosa Putra & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



Bab III
Kesimpulan & Saran

3.1. Kesimpulan
Negosiasi bisnis memiliki pengertian, tujuan dan manfaat demi mencapai kesepakatan serta meningkatkan laba perusahaan. Ada aneka defenisi, tujuan dan manfaat namun semuanya memiliki benang merah yang sama yakni kesepakatan dan pencapaian hasil atau laba yang lebih optimal.
Read more...

Negosiasi Bisnis 5

Oleh Petrus Juli, Yoan Santosa Putra & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



2.4      The Five International Negotiation Skills
Pieere Casse dalam Lukman (www.lukmancoroners.blogspot.com) mengajukan lima keterampilan yang dikenal sebagai “The five International Negotiation Skills” adalah 1) Mampu melakukan empati dan mengambil suatu kejadian seperti pihak lain mengamatinya. Juga ada kesediaan untuk memahami sikap dan perilaku pihak lain dengan jalan memandangnya dari sudut pihak lain itu;  2) Mampu menunjukkan faedah-faedah dari usulan pihak lain sehingga pihak-pihak yang terlibat dalam negosiasi menunjukkan kesediaan untuk merubah kondisi masing-masing;  3) Mampu mengungkapkan gagasan-gagasan sedemikian rupa sehingga pihak lain akan memahami sepenuhnya gagasan yang dilakukan;  4) Mampu mengatasi stress dan menyesuaikan diri terhadap situasi tak pasti dan tuntutan-tuntutan diluar perhitungan; 5) Cepat memahami latar belakang budaya pihak lain dan berusaha menyesuaikan diri terhadap keinginan-keinginan pihak lain untuk mengurangi berbagai rintangan dan keterbatasan-keterbatasan yang ada.

Read more...

Negosiasi Bisnis 4

Oleh Petrus Juli, Yoan Santosa Putra & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



2.4      Sikap dan Perilaku dalam Bernegosiasi
2.4.1        Pentingnya Sikap terhadap Perselisihan dan Konflik: Mengembangkan Filosofi Sama-Sama Menang dalam Negosiasi
Negosiator yang berhasil memiliki sikap yang positif. Para negosiator memandang konflik sebagai sesuatu yang normal dan konstruktif.  Pengatahuan dan ketrampilan yang dimiliki para negosiator memainkan peranan penting dalam mencapai kesepakatan sebagai hasil positif negosiasi bisnis. Ada banyak sikap yang dapat dikembangkan di dalam negosiasi bisnis namun hal yang perlu diperhatikan agar pihak-pihak yang terlibat di dalam negosiasi bisa menerapkan pola atau sikap dengan filosofi sama-sama menang. 
Read more...

Negosiasi Bisnis 3

Oleh Petrus Juli, Yoan Santosa Putra & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjan Universitas Negeri Malang



2.1    Manfaat Negosiasi
Asep Sujana (2004) dalam Irsan (2013) mengatakan bahwa manfaat manfaat yang diperoleh dari sebuah proses negosiasi di dalam pengertian bisnis resmi antara lain adalah:

Read more...

Negosiasi Bisnis 2

Oleh Petrus Juli, Yoan Santosa Putra & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



Bab II
Pembahasan

2.1  Pengertian Negosiasi  Bisnis
            Negosiasi memiliki pengertian yang beraneka ragam. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI) oleh W.J.S Poorwadarminta, negosiasi berarti 1) perundingan 2) penutupan suatu perjanjian. Oxford Leaner’s Pocket Dictionary dalam Irsan (2013) menyatakan bahwa Negotiate (verb) “try to reach an agreement by formal discussion” artinya berupaya untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi yang formal. Negotiation (adverb) yang berarti menunjukkan suatu proses atau aktivitas untuk merundingkan, membicarakan untuk disepakati bersama orang lain. 
Read more...

Negosiasi Bisnis 1

Oleh Petrus Juli, Yoan Santosa Putra & Komas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



Bab I
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan negosiasi, baik secara sadar maupun tidak. Negosiasi kita lakukan dari hal-hal yang kecil, misalnya, negosiasi di pasar ketika berbelanja barang kebutuhan sehari- hari sampai, kepada negosiasi yang sifatnya lebih formal dalam mewakili kepentingan organisasi, atau perusahaan tempat kita bekerja. 
Read more...

Ketampakan & Kenyataan 2

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Malang



Ketampakan
            Masih terdapat pergumulan dan perdebatan yang rumit bagi para pemikir yang beraliran filsafat baik fenomenologis dan realis-materialisme. Para filsuf fenomenolog melihat segala sesuatu yang tampak hadir sebagai kanyataan itu hanya fenomena atau gejala-gejala atau tanda-tanda dari sesuatu kenyataan yang lebih hakiki. Yang hadir dan yang dapat diindrawi bukanlah kenyataan tetapi lebih tepat dinamakan ketampakan. 
Read more...

Kenampakan & Kenyataan 1

Oleh Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Malang



Pendahuluan
“Cara Gila Menuju Manusia Hebat: Dengan Pemanfaatan Batin” sebuah judul fenonenal yang kami sematkan pada buku internal magister manajemen tahun akademik 2014/2015 sebagai realisasi kreativitas kumpulan tulisan untuk membedah sisi-sisi manajemen dari perspektif filsafat. Tulisan ini meski jauh dari kesempurnaan, kami berjuang sebagai ‘legacy’ sederhana buat penambahan perbendaharaan referensi intelektual pendekatan filfasat pada manajemen yang menjadi kosentrasi perkulian magister manajemen.
Read more...

Rabu, 17 Desember 2014

"Untuk Dapat Lebih Banyak, Tanyailah Diri Sendiri"

Oleh Kosmas Lawa Bagho

Orang berusaha untuk memperoleh yang terbaik di dalam kehidupan. Berjuang untuk memperoleh yang terbaik sesuai impian membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang tidaklah kecil. Mesti ada yang dikorbankan untuk meraih prestasi impian menjadi kenyataan. Korban waktu, korban tenaga, korban biaya dan bahkan korban kesenangan masa kini untuk kenikmatan masa yang akan datang.

Read more...

Sabtu, 13 Desember 2014

Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 7

Oleh Romo Petrus Juli, Pr & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Universitas Negeri Malang



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Perusahaan atau lembaga bisnis, mau tidak mau, suka tidak suka apabila ingin menjadi ‘leader’ di tengah kompetisi pasar yang makin ketat makan mutlak perlu memahami penulisan laporan dan proposal bisnisnya secara baik, benar dan produktif. Artinya, pemahaman dan pengimplementasi penulisan laporan dan proposal bisnis yang baik dan benar serta produktif menggambarakan image atau bonafiditas lembaga bisnis atau perusahaan yang dapat dipercaya. 
Read more...

Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 6

Oleh Romo Petrus Juli, Pr & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



2.6 Contoh Laporan dan Proposal Bisnis
2.6.1 Contoh Laporan Bisnis Panjang dan Pendek
2.6.1.1 Contoh Laporan Bisnis  Pendek
            Laporan bisnis pendek menurut Purwanto (2003) adalah nama lain dari laporan non formal yang mencakup judul halaman, pengiriman, catatan akhir dan lampiran. Untuk memudahkan pemahaman contoh laporan bisnis pendek adalah laporan harian yang singkat berkisar antara 2-4 halaman yang berisikan poin-poin penting dalam perusahaan atau bisnis. Laporan bisnis pendek bersifat memorandum atau notulen.

Read more...

Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 5

Oleh Romo Petrus Juli, Pr & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



2.4. Persiapan Penulisan Laporan dan Proposal Bisnis
2.4.1. Perencanaan, Pengorganisasian, Penulisan Laporan Bisnis
            Persiapan (perencanaan, pengorganisasian) merupakan bagian yang sangat penting bagi proses penulisan laporan bisnis. Bagian ini melewati beberapa tahap sebagai berikut: defenisikan masalah, tujuan dan ruang lingkup; pertimbangkan siapa yang akan menerima laporan; menentukan ide atau gagasan; mengumpulkan bahan yang diperlukan; mengnalisis dan menfsirkan data; mengorganisasi data dan mempersiapkan outline akhir. Bagian ini juga menentukan pokok-pokok laporan bisnis yang memuat pendahuluan, teks dan penutup. Bagian pendahuluan mengorganisasikan pemberi kuasa, layout atau rencana presentasi, masalah, maksud, ruang lingkup, metodologi, sumber-sumber primer atau sekunder, latar belakang, defenisi istilah, keterbatasan, rekomendasi sementara teks membahas dan mengembangkan hal-hal penting dan rinci. 
Read more...

Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 4

Oleh Romo Petrus Juli, Pr & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



2.2.2. Tujuan dan Manfaat Proposal Bisnis
Ninis Sofi (2013) merumuskan tujuan dan manfaat penulisan proposal bisnis sebagai berikut: menjadi rencana yang mengarahkan panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Proposal digunakan sebagai pegangan pelaksanaan, sehingga acara atau kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan sistematis sesuai dengan rencana dan agar tujuan dari acara tersebut memperoleh hasil yang diharapkan; menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut. Proposal disusun untuk memberitahukan kepada donatur kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada aacara tersebut; untuk meyakinkan para donatur atau sponsor agar mereka memberikan dukungan material maupun finansial dalam mewujudkan kegiatan yang telah direncanakan. 
Read more...

Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 3

Oleh Romo Petrus Juli, Pr & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



2.2 Tujuan dan Manfaat Laporan & Proposal Bisnis
2.2.1 Tujuan dan Manfaat Laporan Bisnis
            Bagi suatu perusahaan atau lembaga bisnis, pada umumnya penulisan laporan bisnis digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan (Purwanto,2003) antara lain: untuk memonitor dan mengendalikan operasional perusahaan misalnya laporan operasional, laporan kegaitan personal; untuk membantu mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan perusahaan misalnya kebijakan penempatan kerja; untuk memenuhi persyaratan-persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku bagi perusahaan misalnya laporan pajak, laporan dampak lingkungan, laporan ketenagakerjaan; untuk mendokumentasikan prestasi kerja yang diperlukan baik bagi keperluan internal maupun eksternal misalnya laporan perkembangan akhir kegiatan; untuk menganalisis informasi dan memberikan bimbingan bagi pengambilan keputusan atau isu-isu tertentu misalnya laporan riset; untuk memperoleh sumber pendanaan atau membuka bisnis baru. Untuk aliran laporan bisnis dapat dilihat pada tabel berikut: (maaf tabel tak bisa dibaca tidak ditampilkan: bisa lihat pada buku Joko Purwanto).
Read more...

Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 2

Oleh Romo Petrus Juli, Pr & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Penulisan Laporan dan Proposal Bisnis dalam Konsep
Penulisan Laporan dan Proposal dalam perusahaan atau lembaga bisnis memiliki konsep atau pengertian yang beragam tergantung persepsi dan pemahaman setiap pakar bisnis menyorotinya. Untuk memudahkan pemahaman tentang hal ini maka dalam penulisan makalah ini perlu pembatasan pengertian atau konsep yang menjadi titik awal pembahasan lebih lanjut.
Read more...

Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 1

Oleh Petrus Juli (Romo) & Kosmas Lawa Bagho
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Para sahabat dan pembaca, kali ini saya memposting tugas bersama dengan Romo Petrus Juli Pr untuk menyelesaikan tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi Bisnis dibawah tema "Penulisan Laporan dan Proposal Bisnis".



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Penulisan laporan dan proposal bagaikan dua sisi mata uang dalam perusahaan atau lembaga bisnis. Keduanya bisa dibedakan namun tidak dapat dipisahkan. Laporan dan proposal bisnis saling terkait satu sama lain. Saban hari, mau tidak mau, suka tidak suka, perusahaan atau lembaga bisnis senantiasa bergelut dan berhubungan dengan penulisan laporan dan proposal demi meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan apalagi berkeingingan menjadi ‘leader’ dalam pasar yang penuh persaingan. Penulisan laporan dan proposal yang efektif dirasakan semakin urgen bagi perusahaan atau lembaga bisnis Indonesia berhadapan langsung dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.
Read more...

Jumat, 12 Desember 2014

Ikut Seminar Proposal Tesis Kakak Kelas

Oleh Kosmas Lawa Bagho

Di tengah-tengah kesibukan menyelesaikan UAS baik test kelas maupun test home, saya dengan beberapa teman mengikuti seminar proposal kakak kelas tanggal 8 Desember dan tanggal 11 Desember 2014.

Read more...